Bupati Inhu, Yopi Arianto: Silahkan Salat Tarawih, Namun Tetap Berpedoman Pada Protokol Kesehatan

Jumat, 24 April 2020 16:46
Bupati Inhu, Yopi Arianto: Silahkan Salat Tarawih, Namun Tetap Berpedoman Pada Protokol Kesehatan

BERTUAHPOS.COM, RENGAT – Khusus di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tetap akan mengikuti dan mengadakan shalat tarawih di Masjid dan Mushalla, namun ibadah kali ini dilakukan dengan protap protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus corona atau covid-19.

Bahkan untuk ibadah shalat tarawih itu Bupati Inhu, Yopi Arianto telah mengeluarkan maklumat tentang untuk melanjutkan ibadah shalat tarawih dengan beberapa ketentuan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Advertisement

Yopi Arianto menyebutkan, akibat pandemi saat ini tidak hanya sektor ekonomi, sosial, dan budaya yang menjadi korban epedemi itu, tidak ingin berlanjut lebih parah lagi, bupati tidaj ingin ada krisis pada agama.

“Sudahlah kita krisis ekonomi, jangan lagi kita krisis agamis saat ini,” kata Yopi saat siaran pers di Kantor PWI Kabupaten Inhu, Rabu (22/4).

Baca: HM WARDAN AJAK MASYARAKAT JAGA HASIL PEMBANGUNAN

Shalat tarawih tadi nantinya dilaksanakan dengan protap protokol kesehatan penanganan virus corona dengan membawakan sajadah masing-masing dari rumah, hingga menyediakan tempat cuci tantan di halam masjid dan musholla.

Bahkan shalat tarawih nanti jumlah rakaat juga akkan dipersingkat dari biasa serta jam cerama dimasjid pun ditiadakan.

“Untuk mesjid juga akan mengikuti 8 rakaat tarawih serta tiga rakaat witir, ini kita perkirakan hanya memberitahukan wajtu 15-20 menit, tentunya dengan membaca ayat-ayat pendek saja,” ungkapnya

Tetap mengacu pada protokol, warga yang berstatus ODP dan PDP jangan mengikuti shalat tarawih berjamaah di Masjid dan Mushala sampai akhir masa isolasinya,” tegas Yopi.

Sesuai dengan penegasan tersebut, setiap orang yang masuk ke Kabupaten Inhu akan didata oleh petugas survailence di lapangan. Hal ini sudah dijalankan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhu.

Selain itu, Bupati Inhu juga mengimbau agar selesai shalat berjamaah di Masjid, warga langsung pulang ke rumah.

“Karena ini berbeda, shalat tarawih diperingkas, pukul 20.00 Wib sudah selesai. Selesai shalat berjamaah di Masjid atau Mushalla langsung pulang ke rumah,”

Sesuai dengan protokol pencegahan penularan Covid-19 di Inhu, pengurus Masjid diimbau menjaga kebersihan Masjid, tempat berwudhu, menggulung karpet, menyediakan alat pembersih atau pencuci tangan.

Kemudian jamaah diminta agar membawa sajadah dari rumah masing-masing. Jamaah juga diimbau tidak melakukan kontak badan atau tangan dengan jamaah lainnya.

Hari ini, seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Inhu juga disemprot cairan disinfektan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Inhu. (ADV)