Bupati Inhil Sambut Kedatangan Tim Restorasi Gambut RI

Minggu, 28 Mei 2017 23:25

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHIL – Bupati Inhil H Muhammad Wardan menyambut kedatangan Tim Badan Restorasi Gambut (BRG) RI, Selasa malam (21/2/17) di kediamannya. BRG akan melakukan pemetaan dengan melihat tata ekologi gambut yang ada di Inhil.

Kedatangan Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia Nazir Foead di dampingi Deputi IV BRG Dr Haris Gunawan, Kelompok Ahli BRG Prof Ashaluddin Jalil, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Riau, 3 personel Gakkum KLHK dan anggota BRG lainnya ini dalam rangka melihat langsung kondisi lahan gambut di Kabupaten Inhil dengan melakukan pemetaan.

Sedangkan Bupati H Muhammad Wardan didampingi Sekda H Said Syarifuddin, Asisten I Setda Inhil Afrizal, Ketua Komisi I DPRD Inhil Yusuf Said dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Inhil.

Bupati H Muhammad Wardan mengatakan, merasa bangga atas kunjungan Kepala Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia yang secara langsung melihat lansung kondisi gambut di Kabupaten Inhil dan bagaimana mempertahankan dan pengembangan kondisi gambut yang ada di Inhil karena lebih 97 persen areal dan lahan di Inhil terdiri dari gambut.

Baca: Sah, 65 Anggota DPRD Riau Periode 2019-2024 Dilantik

“Maka dari itu, dalam waktu dekat ini dengan program Tim dari BRG akan melakukan pemetaan lahan-lahan gambut yang bisa di kembangkan dan mana lahan yang di persiapkan untuk penyerapan air,” katanya.

Ditambahkan, yang selama ini sudah sudah berkembang berupa kearifan lokal yang dimiliki masyarakat sejak lama berupa perkelapaan yang sangat cocok dengan kondisi gambut di Inhil. Serta nenas, kopi dan kakao yang merupakan tanaman sela yang bisa di kembangkan.

Kedepan BRG akan menurunkan Tenaga Ahli untuk membantu masyarakat Kabupaten Inhil dengan melakukan pemetaan, diharapkan dengan adanya pemetaan ini dapat diketahui kawasan gambut yang bisa dikembangkan.

Pemkab Inhil juga sudah melakukan kerjasama dengan Universitas Riau dengan melakukan pemetaan terhadap kawasan yang sudah tertanam dan pada tahun ini akan selesai yang akan memiliki data yang benar sehingga dalam perencanaan pembangunan sesuai dengan data.(Adv)

Berita Terkini

Selasa, 26 Mei 2020 20:05

Yuk Buat Kue Ongol-ongol untuk Lebaran, Ini Resepnya

RESEP MASAK

Selasa, 26 Mei 2020 20:03

Pasca Libur Idul Fitri, Sekda Sidak Absensi ASN, Ini Hasilnya

BERTUAHPOS.COM, RENGAT – Hari ini merupakan hari pertama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk masuk ngantor usai libur hari raya idul fitri 1440 Hijirah….

Selasa, 26 Mei 2020 17:55

3 Daerah di Riau Diusulkan Jadi Pilot Project New Normal

#NEWNORMAL #COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 15:38

Penggunaan Anggaran COVID-19 Perlu Diawasi Ketat

#REGIONAL

Selasa, 26 Mei 2020 15:18

Kemenag Tunda Pengumuman Keberangkatan Jemaah Haji 1 Juni Nanti

#ISLAMPEDIA #HAJI

Selasa, 26 Mei 2020 14:30

Dishub Riau Sebut Data Pemudik Tahun Ini Tak Bisa Dibandingkan

#PSBB #REGIONAL