Bupati HM Wardan Instruksikan Dinkes Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2017

Selasa, 06 Juni 2017 16:09

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHIL – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk bersiap dalam menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri Tahun 2017.

Kesiapan yang dimaksud, dilakukan dari segi penyediaan fasilitas kesehatan di beberapa rest area atau tempat peristirahatan mudik lebaran serta di sejumlah posko kesehatan yang secara khusus disediakan pihak Dinas Kesehatan.

“Tak hanya fasilitas, tenaga medis yang bertugas juga harus diterjunkan di rest area. Sebab, penyediaan tenaga dan fasilitas medis ini merupakan bagian dari pelayanan kesehatan kepada pemudik,” ujar Bupati Wardan, Senin (5/6/2017).

Menurut Bupati Wardan, kesiapan dari segi kesehatan juga diperuntukkan sebagai langkah mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan mudik lebaran.

Baca: Rosman Malomo Hadiri Rakornis Bidang Perdagangan, Koperasi dan UKM

“Karena, tidak semua pemudik tahu dimana lokasi puskesmas, klinik bahkan rumah sakit terdekat yang dibutuhkan. Keberadaan puskesmas dan sebagainya juga belum tentu dekat dengan lokasi pemudik yang membutuhkan kala itu. Maka, ketersediaan fasilitas dan kesiapsiagaan tenaga medis begitu diperlukan,” terang Bupati.

Menanggapi instruksi Bupati Inhil, HM Wardan, pihak Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Rahmi menyatakan, fasilitas dan tenaga medis telah dipersiapkan sejak beberapa waktu lalu pada awal masuknya Bulan Ramadan.

“Tenaga medis telah disiap-siagakan di beberapa titik posko yang tersebar guna memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang membutuhkan pada saat melakukan perjalanan mudik lebaran dan arus balik tahun ini,” ungkap Rahmi.

Selain di sejumlah posko yang telah ditetapkan, dikatakan Rahmi, tenaga medis juga dipersiapkan di Puskesmas yang berada di 20 kecamatan se-Kabupaten Inhil.

“UGD (Unit Gawat Darurat) di setiap Puskesmas tersebut juga disiagakan selama 24 jam dengan segala peralatan dan perlengkapan medis yang dimiliki,” bebernya.

Maka itu, dikatakan Rahmi, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil senantiasa optimis arus mudik maupun arus balik lebaran para pemudik di tahun 2017 ini akan berjalan lancar, aman dan terkendali, terutama jika dilihat dari aspek medis yang telah dipersiapkan sejak jauh hari sebelumnya.

“Untuk seluruh Puskesmas di masing – masing kecamatan telah dikoordinasikan untuk melaksanakan tugas ini. Jadi, tidak ada masalah untuk persiapan mudik lebaran tahun ini,” tutup Rahmi. (Adv)

Berita Terkini

Selasa, 26 Mei 2020 20:05

Yuk Buat Kue Ongol-ongol untuk Lebaran, Ini Resepnya

RESEP MASAK

Selasa, 26 Mei 2020 20:03

Pasca Libur Idul Fitri, Sekda Sidak Absensi ASN, Ini Hasilnya

BERTUAHPOS.COM, RENGAT – Hari ini merupakan hari pertama bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk masuk ngantor usai libur hari raya idul fitri 1440 Hijirah….

Selasa, 26 Mei 2020 17:55

3 Daerah di Riau Diusulkan Jadi Pilot Project New Normal

#NEWNORMAL #COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 15:38

Penggunaan Anggaran COVID-19 Perlu Diawasi Ketat

#REGIONAL

Selasa, 26 Mei 2020 15:18

Kemenag Tunda Pengumuman Keberangkatan Jemaah Haji 1 Juni Nanti

#ISLAMPEDIA #HAJI

Selasa, 26 Mei 2020 14:30

Dishub Riau Sebut Data Pemudik Tahun Ini Tak Bisa Dibandingkan

#PSBB #REGIONAL