Pengembang Keluhkan IMB Sementara Tak Berlaku, Ini Kata Pemko Pekanbaru

Rabu, 19 Oktober 2016 20:55 427
Pengembang Keluhkan IMB Sementara Tak Berlaku, Ini Kata Pemko Pekanbaru
foto/ilustrasi

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menegaskan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sementara sudah berkekuatan hukum. Hal ini menjawab adanya keraguan dari pengembang terkait status IMB yang sifatnya sementara apakah sama dengan IMB yang selama ini ditebitkan.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Pekanbaru, M Jamil kepada kru bertuahpos.com. Dirinya menjelaskan bahwa sesuai dengan adanya Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru menegaskan kekuatan hukumnya.

"Tidak seperti itu. Jadi kami malah sudah pertemuan dengan pihak bank. Kami sampaikan dasar hukum IMB itu terbit, sesuai dengan Perwako. Malahan mereka sudah menerima. Karena sudah sesuai dasar hukum yang kita laksanakan," jelas Jamil.

Tentang status sementara yang melekat pada IMB itu bukan berarti posisinya lemah atau di bawah IMB dari yang selama ini terbit. "Sementara ini maksudnya menunggu RTRW Riau disahkan. Kalau sudah disahkan status sementara diganti permanen. Karena standar penerbitan IMB sementara pelaksanaannya tetap sama," katanya.

Oleh sebab itu bagi masyarakat jika ada pertanyaan tentang kekuatan hukum IMB sementara bisa menjelaskannya. "Sekarang ini masyarakat yang menyampaikan ke pihak pihak terkait. Kami beberapa kali jumpa pengembang dan DPD REI sudah pertemuan dan pihak bank. Mereka sudah bisa menerima karena pelaksanaan IMB itu sama," tuturnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI), Riau Amran Tambi menyebutkan meski IMB sementara sudah diterbitkan masih belum memulihkan kondisi investasi perumahan secara penuh. "Oktober IMB Sementara Pekanbaru sudah diterbitkan. Hanya saja perbankan masih menunggu keputusan dari pusat, karena pihak bank tidak mengenal istilah izin sementara," kata Tambi.

Untuk A Tambi masih berharap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau bisa segera disahkan. Mengingat berdampak dengan iklim investasi yang masuk ke Pekanbaru khususnya dibidang properti.

Penulis: Riki

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Ditanya Wakil Gubernur, Andi Rachman: Cerita yang Lain lah!
Senin, 20 Pebruari 2017 10:00

Ditanya Wakil Gubernur, Andi Rachman: Cerita yang Lain lah!

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, sedikit kebingungan untuk menjawab pertanyaan wartawan saat ditanyakan soal Wakil Gubernur Riau, yang hingga saat ini belum jelas juntrungannya.

Sesuai Prediksi Rohil Memang Rawan Titik Api
Senin, 20 Pebruari 2017 09:45

Sesuai Prediksi Rohil Memang Rawan Titik Api

Senin (20/02/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat Riau wilayah pesisir sudah alami musim kering. Hal ini dikhawatirkan memicu sejumlah hotspot atau titik panas di Riau.

Ribuan Pria Jepang Bugil, Rebutan Tongkat Keberuntungan
Senin, 20 Pebruari 2017 09:30

Ribuan Pria Jepang Bugil, Rebutan Tongkat Keberuntungan

Puluhan ribu laki-laki Jepang berbugil-ria. Mereka lakukan itu untuk berebut tongkat keberuntungan. Tongkat itu diyakini mujarab untuk mengubah nasib mereka.
 

Sedang Jalan, Rp3 Juta Lenyap Digondol Jambret
Senin, 20 Pebruari 2017 09:15

Sedang Jalan, Rp3 Juta Lenyap Digondol Jambret

Nasib apes, dirasakan Rosmiati (45) yang kesehariannya sebagai Guru di salah satu sekolah, pasalnya tas berisi barang berharga raib dijambret orang.

Siang Ini, Danrem Baru Diperkenalkan, Sekaligus Gelar Rakor Karhutla
Senin, 20 Pebruari 2017 09:00

Siang Ini, Danrem Baru Diperkenalkan, Sekaligus Gelar Rakor Karhutla

Pemprov Riau yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Tim Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), hari ini, Senin (20/02/2017), akan melangsungkan rapat koordinasi.

Hotspot di Riau Kembali Membara, Rohil Sumbang Paling Banyak
Senin, 20 Pebruari 2017 08:45

Hotspot di Riau Kembali Membara, Rohil Sumbang Paling Banyak

Senin (20/02/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat hotspot atau titik panas kembali muncul di Provinsi Riau. Hotspot dengan tingkat kepercayaan di atas 50% ada sebanyak tujuh titik.

Dapatkan 3x Poin Reward dan Cicilan 0% di Ace Hardware Pekanbaru
Senin, 20 Pebruari 2017 08:30

Dapatkan 3x Poin Reward dan Cicilan 0% di Ace Hardware Pekanbaru

Ace Hardware selalu punya cara untuk kembali manjakan pengunjung. Salah satunya dengan menghadirkan program dua kali point reward untuk setiap transaksi. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat nikmati promo cicilan 0% hingga 12 bulan khusus pengguna Kartu Kredit BCA, Mandiri, CIMB Niaga, HSBC, Citibank.

Hujan di Riau Tidak Merata Senin Ini
Senin, 20 Pebruari 2017 08:15

Hujan di Riau Tidak Merata Senin Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan tidak merata masih guyur Riau. Kondisi ini sudah berlangsung sejak pertengahan Februari.

Mau Gratis Karaoke, Disini Tempatnya
Senin, 20 Pebruari 2017 08:01

Mau Gratis Karaoke, Disini Tempatnya

Sedang berkunjung ke Pekanbaru dan membutuhkan tempat menginap, yang nyaman dan  menyuguhkan berbagai fasilitas lengkap di tambah dengan harganya yang murah. Semua itu tentu menjadi pilihan semua orang.

Ditinggal Kondangan,  Remaja 14 Tahun  Terkapar di Kamar
Senin, 20 Pebruari 2017 07:30

Ditinggal Kondangan, Remaja 14 Tahun Terkapar di Kamar

Perbuatan tidak senonoh dilakukan JH (30) terhadap remaja (14) di Kebun PT. Murini, Desa Batin Betuah, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Pekanbaru, Riau. Kejadian itu ketika orang tua koorban sedang kondangan di rumah tetangganya.