Hadiri Tour de Siak, Jokowi Malah Jual Kerak Telor

Minggu, 21 September 2014 10:44
Hadiri Tour de Siak, Jokowi Malah Jual Kerak Telor
Pejual Kerak Telor Betawi di acara Tour de Siak

BERTUAHPOS.COM, SIAK-- Ternyata bukan hanya orang Siak atau orang Riau saja yang mengambil untung dari moment pelaksanaan ivent internasional Tour de Siak tahun 2014. Multi efeknya bisa didapatkan oleh siapapun orang yang ada di Indonesia.

Meski pelaksanaan TdS hanya lima hari, tapi ada sesuatu yang unik pada pelaksanaan yang berlangsung dari tanggal 17 sampai 21 September ini yang menjadi pusat perhatian pengunjung dan masyarakat sekitar.

Yakni Jokowi jualan kerak telor khas Betawi. Foto wajah Presiden Indosia terpilih periode 2014-2019 ini jadi icon pelalaris bagi para penjual kerak telor untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Dengan adanya foto Jokowi yang tersenyum melihatkan gigi kemudian di edit mengacungkan jari jempol ternyata mempunyai daya tarik tersendiri untuk mengundang masyarakat agar mau melihat dan membeli kerak telor.

Seperti yang dikatakan Ayu (32) salah seorang penjual kerak telor mengatakan, selama menjual kerak telor dengan membuat spanduk kecil bergambarkan Jokowi di depan jualan kerak telornya, jualannyapun menjadi laris manis.

"Pak Jokowi kan banyak penggemarnya, makanya kami buat gambarnya untuk mencari perhatian para panegunjung," ujarnya ketika ditemui bertuahpos.com, yang tidak jauh dari pusat lokasi acara TdS, Minggu (21/9/2014).

Wanita yang mengaku asli asal Bekasi itu mengungkapkan, ia dan suaminya serta beberapa orang temannya sepropesi penjual kerak telur selalu berpindah-pindah tempat dari acara yang satu ke acara besar yang lain yang ada di Indonesia.

Mereka selalu mencari acara-acara atau ivent yang ada di Indonesia baik melalui teman, keluarga, jaringan, koran maupun internet. Tidak perduli tidur dimana pun, terkadang tidur di Stand acara, terkadang menginap di Wisma.

"Kami sambil berjualan sambil cari informasi juga. Kalau ada informasi acara besar kami langsung terbang aja pakai pesawat. Rencana setelah disini (TdS), kami mau terbang ke Medan. Ada acara besar disana," kata Ayu sambil mengipas-ngipas bara api untuk memasak kerak telor pesanan pelanggannya.

Yang uniknya lagi, meski namanya penjual kerak telor khas Betawi, tetapi tidak satupun bisa ditemukan penjual kerak telor Betawi memang asli orang Betawi. Sudah merata setiap penjual kerak telor Betawi itu adalah orang Jawa.

"Tanya aja kalau ada orang Betawi yang jualan kerak telor Betawi, pasti jawabnya orang Jawa semua. Di Jakarta aja, penjual kerak telor Betawi sudah orang jawa mas," terang wanita beranak satu itu.

Ayu menjelaskan, pembuatan kerak telor memang mudah. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan dimana, seperti telor ayam, telor bebek, pulut, bawang goreng dan beberapa bumbu penyedap. Sehingga harga yang dijualpun memang termasuk kategori murah. Pergulungnya, harga kerak telor dibandrol 15.000 Rupiah. Harga itu sama di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta dari asal mulanya pembuatan keak telor Betawi.

"Buat kerak telor ini capeknya cuma ngipas-ngipasnya aja mas. Makanya dimana-mana sama harganya dibuat, cuma 15.000 pergulungnya," tutup Ayu.(Syawal)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Tahun Baru, The Premiere Hadirkan Loft Sweat Party
Selasa, 12 Desember 2017 00:00

Tahun Baru, The Premiere Hadirkan Loft Sweat Party

Tidak terasa, dentingan jam menuju 2018 sebentar lagi akan terdengar. 2017 akan menjadi kenangan dan selamat datang 2018. 

Cegah Difteri, Dokter Anak: MUI Sebut Vaksin Diperbolehkan
Senin, 11 Desember 2017 22:58

Cegah Difteri, Dokter Anak: MUI Sebut Vaksin Diperbolehkan

Difteri kembali mewabah di Indonesia. Satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan cara vaksinasi. Namun ada sebagian orang menganggap bahwa vaksin haram.

Trend 2018, Warna Lipstk Lebih Strong
Senin, 11 Desember 2017 22:43

Trend 2018, Warna Lipstk Lebih Strong

Tahun 2017,  penggunaan lipstik identik dengan warna ringan atau nude.  

Video Aksi Mahasiswa, Percepat Proses Kasus Korupsi Tugu Anti Korupsi
Senin, 11 Desember 2017 22:34

Video Aksi Mahasiswa, Percepat Proses Kasus Korupsi Tugu Anti Korupsi

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Riau lakukan unjuk rasa di depan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Riau, Senin (11/12/2017).

Drawing 16 Besar UCL: Madrid Jumpa PSG, Barca Berhadapan Chelsea
Senin, 11 Desember 2017 22:24

Drawing 16 Besar UCL: Madrid Jumpa PSG, Barca Berhadapan Chelsea

UEFA selaku badan sepakbola tertinggi di Eropa, baru saja menyelesaikan drawing babak 16 besar UEFA Champions League (UCL), Senin (11/12/2017).

PDIP Umumkan Cagub Riau Akhir Pekan Ini
Senin, 11 Desember 2017 22:08

PDIP Umumkan Cagub Riau Akhir Pekan Ini

 PDIP akan mengumunkan calon Gubernur Riau jagoannya pada akhir pekan ini. Pengumuman ini akan dilakukan setelah rakornas PDIP di Bogor, Jawa Barat.

Vaksin, Pecegah Paling Ampuh Difteri
Senin, 11 Desember 2017 21:51

Vaksin, Pecegah Paling Ampuh Difteri

Ia mengatakan bahwa vaksin dapat melindungi bukan hanya bagi orang yang divaksin, tetapi juga dapat melindungi orang di sekitarnya. 

Solidkan Internal, Panwaslu Samakan Persepsi Hadapi Pemilu
Senin, 11 Desember 2017 21:41

Solidkan Internal, Panwaslu Samakan Persepsi Hadapi Pemilu

Menghadapi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif, presiden dan wakil presiden serentak April 2019 mendatang, berbagai persiapan terus dilakukan termasuk memperkuat pengawasan pemilu. 

Masyarakat Enggan Diimun, Dinkes Pekanbaru: Jangan Takut
Senin, 11 Desember 2017 21:34

Masyarakat Enggan Diimun, Dinkes Pekanbaru: Jangan Takut

Masyarakat jangan takut untuk diimun. Hal tersebut ditegaskan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, Senin (11/12/2018).

Miris, Masih Ada Gaji Guru Rp 600 Ribu Perbulan di Riau
Senin, 11 Desember 2017 21:26

Miris, Masih Ada Gaji Guru Rp 600 Ribu Perbulan di Riau

Miris, saat ini masih ada guru yang hanya bergaji sebanyak Rp 600 ribu perbulan di Riau. Penemuan itu berdasarkan sidak yang dilakukan oleh komisi E DPRD Riau ke beberapa sekolah tingkat menengah atas.