Hadiri Tour de Siak, Jokowi Malah Jual Kerak Telor

Minggu, 21 September 2014 10:44
Hadiri Tour de Siak, Jokowi Malah Jual Kerak Telor
Pejual Kerak Telor Betawi di acara Tour de Siak

BERTUAHPOS.COM, SIAK-- Ternyata bukan hanya orang Siak atau orang Riau saja yang mengambil untung dari moment pelaksanaan ivent internasional Tour de Siak tahun 2014. Multi efeknya bisa didapatkan oleh siapapun orang yang ada di Indonesia.

Meski pelaksanaan TdS hanya lima hari, tapi ada sesuatu yang unik pada pelaksanaan yang berlangsung dari tanggal 17 sampai 21 September ini yang menjadi pusat perhatian pengunjung dan masyarakat sekitar.

Yakni Jokowi jualan kerak telor khas Betawi. Foto wajah Presiden Indosia terpilih periode 2014-2019 ini jadi icon pelalaris bagi para penjual kerak telor untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Dengan adanya foto Jokowi yang tersenyum melihatkan gigi kemudian di edit mengacungkan jari jempol ternyata mempunyai daya tarik tersendiri untuk mengundang masyarakat agar mau melihat dan membeli kerak telor.

Seperti yang dikatakan Ayu (32) salah seorang penjual kerak telor mengatakan, selama menjual kerak telor dengan membuat spanduk kecil bergambarkan Jokowi di depan jualan kerak telornya, jualannyapun menjadi laris manis.

"Pak Jokowi kan banyak penggemarnya, makanya kami buat gambarnya untuk mencari perhatian para panegunjung," ujarnya ketika ditemui bertuahpos.com, yang tidak jauh dari pusat lokasi acara TdS, Minggu (21/9/2014).

Wanita yang mengaku asli asal Bekasi itu mengungkapkan, ia dan suaminya serta beberapa orang temannya sepropesi penjual kerak telur selalu berpindah-pindah tempat dari acara yang satu ke acara besar yang lain yang ada di Indonesia.

Mereka selalu mencari acara-acara atau ivent yang ada di Indonesia baik melalui teman, keluarga, jaringan, koran maupun internet. Tidak perduli tidur dimana pun, terkadang tidur di Stand acara, terkadang menginap di Wisma.

"Kami sambil berjualan sambil cari informasi juga. Kalau ada informasi acara besar kami langsung terbang aja pakai pesawat. Rencana setelah disini (TdS), kami mau terbang ke Medan. Ada acara besar disana," kata Ayu sambil mengipas-ngipas bara api untuk memasak kerak telor pesanan pelanggannya.

Yang uniknya lagi, meski namanya penjual kerak telor khas Betawi, tetapi tidak satupun bisa ditemukan penjual kerak telor Betawi memang asli orang Betawi. Sudah merata setiap penjual kerak telor Betawi itu adalah orang Jawa.

"Tanya aja kalau ada orang Betawi yang jualan kerak telor Betawi, pasti jawabnya orang Jawa semua. Di Jakarta aja, penjual kerak telor Betawi sudah orang jawa mas," terang wanita beranak satu itu.

Ayu menjelaskan, pembuatan kerak telor memang mudah. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan dimana, seperti telor ayam, telor bebek, pulut, bawang goreng dan beberapa bumbu penyedap. Sehingga harga yang dijualpun memang termasuk kategori murah. Pergulungnya, harga kerak telor dibandrol 15.000 Rupiah. Harga itu sama di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta dari asal mulanya pembuatan keak telor Betawi.

"Buat kerak telor ini capeknya cuma ngipas-ngipasnya aja mas. Makanya dimana-mana sama harganya dibuat, cuma 15.000 pergulungnya," tutup Ayu.(Syawal)

TRAVELLING

Berita Terkini

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS
Senin, 25 September 2017 21:55

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru menegaskan selalu melakukan pembinaan secara rutin kepada rumah sakit yang ada di Pekanbaru.

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka
Senin, 25 September 2017 21:40

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka

Pasca temuan beberapa apotek di Kota Pekanbaru yang tidak memiliki izin, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menegaskan apotek-apotek tersebut dikenakan sanksi penutupan.

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi
Senin, 25 September 2017 20:58

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi

 Setelah MIS, kini Tim Harat Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir (Inhil) berhasil menciduk Sya alias Pud (37), warga Jalan Tanjung Pura Kotabaru Siberida Kecamatan Keritang, di kediamannya. Lantaran menjadi penadah sepeda motor curian, Senin (25/9/2017).

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun
Senin, 25 September 2017 20:44

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun

Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017, akhirnya disahkan dengan penandatangan MoU, Senin (25/9/2017).

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru
Senin, 25 September 2017 20:39

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru

Setelah penyidikan secara marathon beberapa hari terakhir, akhirnya penyidik Kejaksaan Tinggi Riau menetapkan empat orang sebagai tersangka korupsi pengadaan lampu LED dan lampu taman Pemko Pekanbaru.

AHY Sampai Diranah Minang, 'Sersan' di Payakumbuh
Senin, 25 September 2017 20:34

AHY Sampai Diranah Minang, "Sersan" di Payakumbuh

Mantan Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) Senin (25/9/2017) sampai di Ranah Minang, Sumbar. Sesuai rencana AHY akan berada di Sumbar sampai Selasa sore.

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas
Senin, 25 September 2017 20:28

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas

Titik panas kembali mengganas di Pulau Sumatera, sore ini, Senin (25/9/2017). Pantauan BMKG Pekanbaru, setidaknya ada 49 titik pada level convidence 50 persen.

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai
Senin, 25 September 2017 20:18

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai

Pelayanan dan manajemen SPBU Batu Empat, Bagansiapiapi sungguh menjengkelkan dan membuat warga kecewa. Bagaimana tidak, selama hampir 15 menit menunggu petugas untuk mengisi bahan bakar jenis Pertalite, namun tidak satupun dilayani oleh petugas SPBU yang ada di lokasi. 

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW
Senin, 25 September 2017 20:13

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW

Setelah melalui proses panjang, akhirnya siang ini (25/9/2017), DPRD Riau mensahkan RTRW Riau 2017-2037 sebagai ranperda. Palu pengesahan ini diketuk oleh Sunaryo, wakil ketua DPRD Riau disaksikan oleh pimpinan DPRD dan instansi terkait serta Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim.

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel
Senin, 25 September 2017 20:07

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel

Senin (25/9/2017), penandatanganan MoU KUPA dan PPAS Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017 batal dilaksanakan di salah satu hotel yang ada di Pekanbaru.