Hadiri Tour de Siak, Jokowi Malah Jual Kerak Telor

Minggu, 21 September 2014 10:44 3382
Hadiri Tour de Siak, Jokowi Malah Jual Kerak Telor
Pejual Kerak Telor Betawi di acara Tour de Siak

BERTUAHPOS.COM, SIAK-- Ternyata bukan hanya orang Siak atau orang Riau saja yang mengambil untung dari moment pelaksanaan ivent internasional Tour de Siak tahun 2014. Multi efeknya bisa didapatkan oleh siapapun orang yang ada di Indonesia.

Meski pelaksanaan TdS hanya lima hari, tapi ada sesuatu yang unik pada pelaksanaan yang berlangsung dari tanggal 17 sampai 21 September ini yang menjadi pusat perhatian pengunjung dan masyarakat sekitar.

Yakni Jokowi jualan kerak telor khas Betawi. Foto wajah Presiden Indosia terpilih periode 2014-2019 ini jadi icon pelalaris bagi para penjual kerak telor untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Dengan adanya foto Jokowi yang tersenyum melihatkan gigi kemudian di edit mengacungkan jari jempol ternyata mempunyai daya tarik tersendiri untuk mengundang masyarakat agar mau melihat dan membeli kerak telor.

Seperti yang dikatakan Ayu (32) salah seorang penjual kerak telor mengatakan, selama menjual kerak telor dengan membuat spanduk kecil bergambarkan Jokowi di depan jualan kerak telornya, jualannyapun menjadi laris manis.

"Pak Jokowi kan banyak penggemarnya, makanya kami buat gambarnya untuk mencari perhatian para panegunjung," ujarnya ketika ditemui bertuahpos.com, yang tidak jauh dari pusat lokasi acara TdS, Minggu (21/9/2014).

Wanita yang mengaku asli asal Bekasi itu mengungkapkan, ia dan suaminya serta beberapa orang temannya sepropesi penjual kerak telur selalu berpindah-pindah tempat dari acara yang satu ke acara besar yang lain yang ada di Indonesia.

Mereka selalu mencari acara-acara atau ivent yang ada di Indonesia baik melalui teman, keluarga, jaringan, koran maupun internet. Tidak perduli tidur dimana pun, terkadang tidur di Stand acara, terkadang menginap di Wisma.

"Kami sambil berjualan sambil cari informasi juga. Kalau ada informasi acara besar kami langsung terbang aja pakai pesawat. Rencana setelah disini (TdS), kami mau terbang ke Medan. Ada acara besar disana," kata Ayu sambil mengipas-ngipas bara api untuk memasak kerak telor pesanan pelanggannya.

Yang uniknya lagi, meski namanya penjual kerak telor khas Betawi, tetapi tidak satupun bisa ditemukan penjual kerak telor Betawi memang asli orang Betawi. Sudah merata setiap penjual kerak telor Betawi itu adalah orang Jawa.

"Tanya aja kalau ada orang Betawi yang jualan kerak telor Betawi, pasti jawabnya orang Jawa semua. Di Jakarta aja, penjual kerak telor Betawi sudah orang jawa mas," terang wanita beranak satu itu.

Ayu menjelaskan, pembuatan kerak telor memang mudah. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan dimana, seperti telor ayam, telor bebek, pulut, bawang goreng dan beberapa bumbu penyedap. Sehingga harga yang dijualpun memang termasuk kategori murah. Pergulungnya, harga kerak telor dibandrol 15.000 Rupiah. Harga itu sama di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta dari asal mulanya pembuatan keak telor Betawi.

"Buat kerak telor ini capeknya cuma ngipas-ngipasnya aja mas. Makanya dimana-mana sama harganya dibuat, cuma 15.000 pergulungnya," tutup Ayu.(Syawal)

loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Pasar Bawah yang Melegenda
Sabtu, 21 Januari 2017 11:00

Pasar Bawah yang Melegenda

Siapa yang tidak tahu dengan Pasar Bawah Pekanbaru? Hampir semua warga Kota Pekanbaru mengetahui pasar yang terletak di Jalan Ahmad Yani Ujung ini. Bahkan ada yang menyebutkan belum ke Pekanbaru kalau belum berkunjung ke Pasar Bawah.

Aksi Demonstrasi Tolak Pelantikan Trump
Sabtu, 21 Januari 2017 10:43

Aksi Demonstrasi Tolak Pelantikan Trump

Detik-detik menjelang pelantikan Donald Trump, aksi penolakan juga terjadi. Mereka memblokir area menuju acara. Mereka membawa spanduk-spanduk berisi penolakan. Dan beberapa di antara

Tahun Ini, Penyaluran KUR Ditargetkan Naik Rp 110 Triliun
Sabtu, 21 Januari 2017 10:39

Tahun Ini, Penyaluran KUR Ditargetkan Naik Rp 110 Triliun

Pemerintah targetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Rp 100 trilun menjadi sebesar Rp 110 pada tahun 2017 ini, suoaya KUR juga mengalir ke sektor produksi di luar perdagangan. Seperti pertanian dan perikanan.
 

Gubri Pastikan Adwar Sanger Jadi Pj Walikota Pekanbaru
Sabtu, 21 Januari 2017 10:30

Gubri Pastikan Adwar Sanger Jadi Pj Walikota Pekanbaru

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman pastikan Edwar Sanger naik jadi Penjabat Sementara (Pj) Walikota Pekanbaru. Edwar kini sudah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt)  Wali Kota Pekanbaru.

Kadis Diminta Tidak Hanya Pikir Realisasi Tinggi, Kualitas Itu Penting
Sabtu, 21 Januari 2017 10:20

Kadis Diminta Tidak Hanya Pikir Realisasi Tinggi, Kualitas Itu Penting

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menegaskan kepala dinas tidak hanya pikirkan bagaimana realisasi APBD tinggi. Sedangkan kualitas dari pembangunan buruk. 

Modus Memukul Adek,  Pelajar Ini Dirampas Dua Pelaku Tak Dikenal
Sabtu, 21 Januari 2017 10:07

Modus Memukul Adek, Pelajar Ini Dirampas Dua Pelaku Tak Dikenal

Perampasan dan pengancaman terjadi Jumat malam (20/1/2017). Pemerasan dialami VA (14), yang mana awa terjadinya pemerasan dan pengancaman

Jadi Pasar Tertua, Pasar Bawah Saksi Bisu Peradaban Pekanbaru
Sabtu, 21 Januari 2017 10:00

Jadi Pasar Tertua, Pasar Bawah Saksi Bisu Peradaban Pekanbaru

Pasar bawah merupakan pasar tertua di Pekanbaru. Meski tidak banyak referensi yang menjelaskan kepasrian tahun berdirinya pasar ini. Awalnya hanya pasar tradisional biasa.

Coco' Film Terbaru Dari Disney-Pixar, Penasaran?
Sabtu, 21 Januari 2017 09:56

Coco' Film Terbaru Dari Disney-Pixar, Penasaran?

Disney-Pixar menghadirkan film animasi berjudul Coco. Seperti film-film sebelumnya, Disney-Pixar menghadirkan film yang sarat pesan kehidupan. Coco yang disutradari oleh Lee Unkrich berfokus pada

KPK Cegah Eks Dirops Citilink Ke Luar Negeri
Sabtu, 21 Januari 2017 09:52

KPK Cegah Eks Dirops Citilink Ke Luar Negeri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mencekal ke luar negeri terhadap ‎mantan Direktur Operasional (Dirops) PT Citilink Indonesia, Hadinoto Soedigno.

Yudi: Wajar Kalau Mata Uang NKRI Mirip Negara Asing
Sabtu, 21 Januari 2017 09:45

Yudi: Wajar Kalau Mata Uang NKRI Mirip Negara Asing

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Yudi Harimurti mengatakan sangat wajar, jika mata uang NKRI mirip dengan mata uang asing.