Potret Buram Pasar Cik Puan yang Termakan Masa

Sabtu, 07 Januari 2017 00:00 353
Potret Buram Pasar Cik Puan yang Termakan Masa
Aktifitas di Pasar Cik Puan Pekanbanbaru (Foto: Istimewa)

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU TEMPO DULU - Seyogyanya pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dalam teori ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya, bukan tempatnya.

Adapun ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau jual beli. Hal inilah yang ingin direalisasikan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru dalam pembangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru.

Namun hal ini tidak terealisasikan hingga kini. Banyak sumber menyebutkan, Pasar baru Cik Puan Pekanbaru kini nasibnya terbengkalai. Dibangun sejak tahun 2010, pasar yang rencananya akan dibangun dua lantai ini terhenti pembangunannya sejak 2012 silam.

Tepaatnya ditahap proses pembangunan rangka bangunan. Padahal awalnya pasar baru Cik Puan ini diproyeksikan untuk menggantikan Pasar lama Cik Puan yang sudah ada sejak tahun 1970, yang terhitung sudah mengalami sembilan kali kejadian kebakaran.
 
Padahal dana yang sudah dihabiskan sudah sangat banyak. Terhitung sudah mencapai Rp 20 miliar lebih. Dalam APBD 2010-2011, perencanaannya pembangunan gedung pasar baru Cik Puan sampai selesai akan menghabiskan dana mencapai Rp 50 miliar.

Kini, gedung baru Pasar Cik Puan Pekanbaru, yang berlokasi di tengah kota, tepatnya di Jalan Tuanku Tambusai atau radius 200 meter dari Kantor Wali Kota Pekanbaru ini, hanyalah gedung tua besar yang tidak terurus lagi.

Rangka-rangka besar yang telah dibangun kini kondisinyapun sudah keropos dan berlumut karena selalu terkena hujan. Bahkan di beberapa titik gedung Pasar Cik Puan terdapat genangan air. Baik dilantai dasar maupun lantai atas gedung.

Pantauan Bertuahpos.com, kondisi gedung baru Pasar Cik Puan yang hanya rangka bangunan, dimanfaatkan oleh pedagang yang berjualan untuk memarkirkan kendaraan mereka di lantai satu pasar. Namun lain halnya di lantai dua, diatas banyak ditemukan

serpihan kaca botol bekas minuman keras serta beberapa puntung rokok. Selain itu juga ditemukan beberapa botol bekas obatanti gigitan serangga dan nyamuk. Bahkan juga ditemukan beberapa gelandangan yang sedang tertidur dilantai dua Pasar Cik Puan. Hal ini dibenarkan oleh salah seorang warga sekitar yang tidak mau disebutkan namanya. Dia mengatakan bahwa gedung baru Pasar

Cik Puan jika malam hari bagaikan hotelnya para gelandangan. Karena banyaknya gelandangan yang datang ke gedung Pasar Cik Puan untuk tidur di lantai dua gedung.

Ini sangat disayangkan, gedung baru Pasar Cik Puan yang diharapkan bisa menjadi wadah baru bagi penjual dan pembeli agar lebih nyaman dalam bertransaksi, kini nasibnya menjadi hotel prodeo para gelandangan. Begitulah sekelumit gambaran Pasar Cik Puan, yang saat ini abai dan termakan masa.

Penulis: Teguh Asrin

loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Rabu Besok, Rapat Pleno Hasil Pikada Pekanbaru Digelar
Senin, 20 Pebruari 2017 23:02

Rabu Besok, Rapat Pleno Hasil Pikada Pekanbaru Digelar

KPU Kota Pekanbaru telah jadwalkan rapat pleno hasil rekapitulasi surat suara dalam Pilkada serentak yang berlangsung 15 Februari lalu, akan digelar pada Rabu (22/02/2017).

Berawal Dari Facebook,  Remaja 15 tahun Jadi Korban Pemuas Nafsu
Senin, 20 Pebruari 2017 22:38

Berawal Dari Facebook, Remaja 15 tahun Jadi Korban Pemuas Nafsu

Sebut saja Angga, ABG 15 tahun ini harus menuruti perbuatan bejat MA (19). Pertemuan Angga berawal dari sebuah akun media sosial Facebook. Kala itu dia bertemu dengan kenalannya MA, di areal kebun sawit daerah Sungai Pinang

Tiga Rampok Bersenjata Diringkus Polsek Tenayan Raya
Senin, 20 Pebruari 2017 20:24

Tiga Rampok Bersenjata Diringkus Polsek Tenayan Raya

Polsek Tenayan Raya, meringkus tiga pelaku perampok bersenjata. Adapun barang bukti berhasil diamankan yakni satu unit sepeda motor dan senjata jenis air softgun

Tips Liburan Murah di Belitung, Nggak Bakal Nguras Kantong
Senin, 20 Pebruari 2017 19:47

Tips Liburan Murah di Belitung, Nggak Bakal Nguras Kantong

Pengen liburan murah meriah dengan budget tipis dan waktu yang enggak panjang? Belitung adalah jawaban yang tepat buat kamu. Kenapa? Pulau ini benar-benar

Pembayaran Pajak di Kantor Bapenda Pekanbaru Bakal Stop
Senin, 20 Pebruari 2017 18:15

Pembayaran Pajak di Kantor Bapenda Pekanbaru Bakal Stop

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah berupaya agar pembayaran pajak terfokus pada sistem bank saja. Sehingga lagi mesti datang ke Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru.  

Dua Mahasiswa Faperta Mewakili UR ke Ambon
Senin, 20 Pebruari 2017 18:00

Dua Mahasiswa Faperta Mewakili UR ke Ambon

Membawa misi dan nama baik universitas terutama fakultas, dua mahasiswa Universitas Riau Fakultas Pertanian akan mewakili UR di lomba essay nasional yang diselenggarakan di Universitas Patimura, Ambon, pada tanggal 21 Februari hingga 23 Februari 2017 mendatang.

Kol Inf Abdul Karim Langsung Jadi Komandan Tim Satgas Karhutla Riau
Senin, 20 Pebruari 2017 17:48

Kol Inf Abdul Karim Langsung Jadi Komandan Tim Satgas Karhutla Riau

Setelah dilajukan penyerahan jabatan antara Brigjen TNI Nurendi ke Kolonel (Inf) Abdul Karim, sebagai Danrem 031 Wira Bima, Kolonel Abdul Karim langsung menjabat sebagai Komandan Tim Satgas Karhutla Riau.

Kadistanak Tutupi Nama Warung Bakso Terkontaminasi Babi, Ini Kata DPRD
Senin, 20 Pebruari 2017 17:36

Kadistanak Tutupi Nama Warung Bakso Terkontaminasi Babi, Ini Kata DPRD

Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru masih enggan menyebutkan nama warung bakso terkontaminasi babi. Hal ini mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Pekanbaru.

Lowongan Kerja Guru Agama
Senin, 20 Pebruari 2017 17:25

Lowongan Kerja Guru Agama

Bagi anda yang sedang mencari informasi lowongan pekerjaan,  saat ini dibutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan di SD IT Taruna Islam pada posisi Guru Agama,

Masuk Musim Kemarau Daerah Pesisir Riau Rawan Karhutla
Senin, 20 Pebruari 2017 17:13

Masuk Musim Kemarau Daerah Pesisir Riau Rawan Karhutla

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat Februari Riau sudah masuk musim panas (kemarau). Daerah Riau bagian pesisir masuk dalam kategori ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).