Tahukah Kamu, Apa Kerajaan Islam Pertama di Riau?

Sabtu, 05 Desember 2020 14:01
Tahukah Kamu, Apa Kerajaan Islam Pertama di Riau?

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Agama penduduk asli Riau adalah Islam. Namun, sejak kapankah Islam masuk ke Riau? Apa kerajaan di Riau yang pertama kali mendapatkan sentuhan Islam?

Menurut buku Sejarah Riau yang disusun tim peneliti dari Universitas Riau terbitan 1998/1999, kerajaan yang pertama kali mendapatkan sentuhan Islam adalah Kerajaan Kuntu Darussalam, yang kini terletak Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar.

Advertisement

Dari periode tahun 500-1000 masehi, daerah Kuntu dikenal sebagai daerah subur sebagai penghasil lada, rempah-rempah, dan hasil hutan. Daerah Kuntu yang strategis dan tak ada halangan gunung ke laut (Selat Malaka), membuat akses ke Kuntu sangat mudah.

Daerah Kuntu kemudian banyak berhubungan dengan pedagang Arab-Markoko-Persia. Selain itu, Kuntu juga berhubungan dengan kerajaan Islam nusantara seperti Pasai.

BACA JUGA:  Syamsuar Klaim Akan Bangun 6 Titik Posko Pantau Mudik

Baca: Menu Sarapan Pagi: Wingko Babat Oven

Dengan hubungan ini, Kerajaan Kuntu adalah kerajaan yang pertama kali mendapatkan sentuhan Islam di Riau. Salah satunya adalah dengan ditemukannya ratusan makam, yang salah satunya adalah makam Syekh Burhanuddin, penyebar tarekat Naqsabandiyah di Kuntu. (bpc4)