58 Kelurahan se-Pekanbaru Dilatih Bertanam Hidroponik

Senin, 29 September 2014 06:22
58 Kelurahan se-Pekanbaru Dilatih Bertanam Hidroponik
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Siapa bilang pertanian tidak bisa dikembangkan di perkotaan? Saat ini ada metode hidroponik yang bisa dilakukan oleh masyarakat perkotaan, di lahan yang terbatas. Sistem ini juga menjadi fokus kerja sama antara Bank Indonesia perwakilan Riau dengan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Penandatanganan MoU kerja sama untuk mengembangkan teknologi ini berlangsung pada hari Senin (29/09/2014) di Komplek Perumahan BI, Jalan Ronggo Warsito, Pekanbaru.

Kerja sama dilakukan dalam bentuk workshop pembinaan pertanian untuk masyarakat perkotaan, dengan teknologi Hidroponik organik. Dalam kerja sama ini, BI merangkul UPTD SKB Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Badan Ketahanan Kota Pekanbaru dan serta 58 kelurahan di Pekanbaru untuk mengikuti pelatihan ini.

Advertisement

Kepala BI Perwakilan RIau, Mahdi Muhammad menjelaskan tujuan kerja sama ini adalah untuk bersama-sama mewujudkan pertanian perkotaan di Pekanbaru. Dimana periode sebelumnya sudah dilakukan dengan bertanam melon. Semua kegiatan ini dikerjakana oleh pegawai BI, dan modal yang dipakai merupakan modal turunan pagawai BI.

“Dari penanaman melon, kita banyak belajar dan mendapat masukkan. Terakhir kita banyak belajar dari Dedi Martino orang yang melengkapi dan memahami teknologi hidroponik ini. Metode ini sebelumnya telah dikembangkan di Jambi,” paparnya.

Baca: Hut ke 19, Plaza Citra Gelar Fashion Show Casual

Pemko Pekanbaru juga menyambut baik program ini. “Cara ini jarang kita lakukan di rumah. Dengan adanya pelatihan semacam ini, kita berharap ibu-ibu tidak perlu khawatir jika cabe naik walaupun sampai Rp100 ribu. Karena tinggal ambil di sekitar pekarangan rumah sendiri,” jelas Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi. (yogi)

Berita Terkini

Selasa, 11 Agustus 2020 16:55

Akhir Agustus 13 Lembaga Dibubarkan

#PEMBUBARANLEMBAGA

Selasa, 11 Agustus 2020 16:28

Gedung Telkom Pekanbaru Terbakar, Netizen Berteriak ‘Hilang Sinyal’

#TELKOMSEL #TERBAKAR

Selasa, 11 Agustus 2020 15:30

Kantor Telkomsel Pekanbaru Terbakar, Seluruh Jaringan Mati

#KANTORTELKOMSELTERBAKAR

Selasa, 11 Agustus 2020 14:32

Syahrul Aidi: Riau Nggak Dapat Apa-apa dari Sawit!

#INFRASTRUKTUR #RIAU

Selasa, 11 Agustus 2020 14:10

Sudah Tahu Belum, Kental Manis Bukan Susu

#KENTALMANIS

Selasa, 11 Agustus 2020 13:32

Gubri Akui Topangan Ekonomi Riau dari SDA Merosot 10 Tahun Terakhir

#RIAU #SDA #PERKEBUNAN

Selasa, 11 Agustus 2020 12:28

Untuk Pemula, Ini Syarat Jadi Eksportir

#TIPSEKSPOTIR