Waw Pasar Cikpuan Pekanbaru Akan Dibangun 10 Lantai

Rabu, 28 Agustus 2013 16:29

BERTUAHPOS (PEKANBARU) – Setelah terhenti hampir dua tahun. Walikota Pekanbaru Firdaus MT, berencana membangun Pasar Cikpuan Di Jalan Tuanku Tambusai menjadi 10 lantai. Dana untuk pembangunan ini di harapkan Pemerintah Kota (pemko) didapat dari Investor yang berminat dan ikut menang di lelang.

“Lelang pembangunan pasar ini akan kita mulai pada tahun 2014. Kita berharap investor yang menang menyanggupi membeli Bangunan yang kini sudah berdiri dan menghabiskan biaya Rp3,5 Miliar,” ujar Firdaus MT.

Karena menurutnya lagi, dana pembangunan Pasar Cikpuan yang di keluarkan dalam proyek multi yeard tersebut sudah termasuk aset. Dalam proses lelang tersebut Pemko juga berharap dilakukan dengan sistem semua untung.

“Kita mau Pemko untung investor juga untung,” tegas Firdaus,MT.

Baca: CNI Gelar Seminar Kesehatan di Lima Kota Besar

Katanya, bangunan lama ini nantinya akan di robohkan dan investor akan membangun bangunan baru maksimal untuk 10 lantai. Pasar ini di konsep menjadi perpaduan ruang pasar tradisional dan moderen.

“Dua lantai pertama akan kita peruntukkan menampung 1.300 Pedagang Kaki Lima (PKL), lantai berikutnya space kita sediakan bagi pasar moderen, dilanjut lantai selanjutnya untuk hotel,” terangnya. Â

Konsep ini diambilnya agar pembangunan pasar Cikpuan tidak seperti pasar milik pemko lainnya yang di bangun dengan APBD tetapi tidak diminati. Selain juga untuk bisa menampung seluruh PKL yang kini ada di Cikpuan.

“Jika bangunan sekarang dilanjutkan maka kita hanya mampu menampung ada 800 PKL, sementara jumlah PKL yang ada saat ini saja sudah melebihi. Makanya kita menginginkan bangunannya maksimal 10 lantai,” tandasnya.

Ketika ditanyakan kekawatiran PKL terhadap mahalnya sewa kios dan los yang akan di tetapkan pihak swasta nantinya, Firdaus menyatakan PKL tidak perlu khawatir. Karena Pemko akan mencarikan solusi dengan bantuan Skim yang ada.

“Soal mahal dan murahnya sewa tidak perlu di kawatirkan karena akan ada skim bantuan bagi PKL,” pungkanya.(wan)