Alfamart Latih 50 Pedagang UMKM Pekanbaru

Kamis, 24 April 2014 09:30

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk pengelola ritel Alfamart  menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan & Pelatihan bagi Pedagang Kecil dan Menengah di Rumah Albi Jendral Sudirman, Pekanbaru pada Rabu (23/4).


Para peserta pelatihan merupakan pedagang ritel tradisional yang tergabung dalam Member Khusus Pedagang Alfamart. Yakni Outlet Binaan Alfamart (OBA), dan masyarakat non-member yang memiliki usaha warung/toko kelontong.


Tidak kurang dari 50 peserta diberikan materi mulai dari manajemen persediaan, manajemen administrasi, pengelolaan barang, penataan etalase barang, manajemen pengelolaan dana (keuntungan dan pengeluaran), pengendalian lingkungan hingga pelayanan.

 ”Materi akan diberikan secara bertahap, dari yang paling sederhana, misalnya mengenai tata cara display produk yang dilakukan berdasarkan masa expired produk, besaran keuntungan yang wajar dan bagaimana menyusun komposisi produk yang diminati pasar dan mana yang tidak, ” ungkap Branch Manager Alfamart Sulardi. 

Baca: CNI Latih Anggota dengan Program iSmart


Bisnis Ritel Modern memang berkembang cukup pesat. Namun bukan berarti tak ada peluang bagi bisnis sejenisnya untuk tumbuh dan berkembang, terutama pengusaha kecil (tradisional). Pelatihan ini dilaksanakan untuk membantu para pedagang ritel tradisional agar dapat berjalan berdampingan dengan ritel modern. (rls/syawal)