Alfamart Bagi Ilmu Waralaba untuk Pemula Bisnis

Kamis, 14 Agustus 2014 15:20
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai pengelola jaringan ritel Alfamart menggelar seminar Franchise Bussiness Opportunity (FBO) atau pembelajaran Peluang Bisnis Waralaba. Acara dengan tema “Apapun Profesi Anda, Anda Bisa Menjadi Pengusaha” ini berlangsung hari ini, Kamis (14/8/2014) di Hotel Aryaduta, Pekanbaru.
 
Seminar ini dihadiri oleh para pemula yang baru menjalankan bisnis. Alfamart juga menghadirkan pembicara dari international Franchice Business Management Consultant (IFBM), Burang Riyadi, Franchise Manager Regional Alfamart, Andri Budiarto serta pimpinan Wilayah BRI Pekanbaru, I Made Suprateka.
 
Branch Manager Alfamart Pekanbaru, Ardi Suladi mengatakan dengan mengikuti FBO ini, para peserta akan memperoleh informasi seputar bisnis waralaba, seperti pengetahuan dasar mengenai waralaba, permodalan dan waralaba dalam bisnis ritel.
 
“Selain itu, para peserta juga dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang waralaba dari berbagai kalangan, yang bermanfaat dalam membuka jaringan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, skema bisnis waralaba dapat mempercepat perkembangan bisnis. Untuk itu, sangat penting untuk memilih mitra waralaba yang profesional dan kredibel dalam menjalankan waralaba.
 
“Terwaralaba harus punya mitra yang sudah berpengalaman. Pengalaman dan pengetahuan itu yang menjadi modal untuk selangkah lebih maju, karena kita tidak akan trial dan eror lagi,” terangnya.

Salah satunya Alfamart yang telah mengembangkan bisnis dengan sistem waralaba sejak tahun 2001. Pada tahun 2014 ini ditargetkan 40 persen toko Alfamart merupakan milik masyarakat melalui sistem waralaba.

“Perusahaan akan fokus mengembangkan toko di Pekanbaru, karena kami melihat prospek yang sangat baik,” sebutnya.
 
Tambah Sulardi, ada dua skema pengembangan usaha waralaba, yakni waralaba untuk toko baru dan waralaba take over untuk toko yang telah beroperasi.
 
“Dalam waralaba gerai dengan skema take over, peminat gerai waralaba akan ditawarkan toko yang sudah berjalan dengan track record yang baik. Sselain itu, saat ini tidak sedikit franchsee (terwaralaba) yang  memiliki lebih dari satu toko franchise Alfamart. Bagi kami hal ini menunjukkan franchisee nyaman dengan mekanisme kerja sama yang diterapkan serta menunjukkan franchisee nyaman serta menunjukkan kepercayaan franchisee kepada kami,” ujarnya. (riki)