4 Kali Berturut, ALfamart Raih Service Quality Award

Senin, 09 Juni 2014 10:09

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – PT  Sumber  Alfaria  Trijaya  Tbk (SAT), pengelola ritel Alfamart kembali menerima Service Quality Award untuk kategori minimarket. Penghargaan yang digagas oleh Majalah Service Excellence (Marketing Group) bekerja sama dengan Centre Customer Satisfaction and Loyalty  (Carre-CCSL) diterima oleh Corporate Affairs Director SAT, Solihin, Kamis 5 Juni 2014 lalu di Hotel Mulia, Jakarta Selatan.


Dengan diterimanya penghargaan ini maka sudah empat kali Alfamart memperoleh penghargaan di bidang pelayanan. Dalam Rilis yang diterima redaksi bertuahpos.com, Senin (9/6/2014), Solihin mengatakan bahwa peningkatkan pelayanan merupakan hal penting harus dilakukan dalam menghadapi kompetisi di bidang ritel yang semakin ketat.


“Kami bersyukur tahun ini Alfamart kembali memperoleh Service Quality Award, ini merupakan salah satu bentuk pengakuan masyarakat terhadap pelayan Alfamart. Penghargaan ini menjadi pengingat kami untuk senantiasi meningkatkan kualitas pelayanan bagi pelanggan. Karena tidak mudah untuk memenuhi harapan pelanggan melalui pelayanan, terlebih untuk memperoleh pelanggan yang memiliki absolute loyality” jelasnya.


Menurut Solihin dalam bisnis ritel, pelayanan merupakan hal yang penting, karenanya seringkali dikatakan bahwa pelayanan merupakan hakikat bisnis ritel. “Karena keseluruhan proses bisnis bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Untuk mencapai tujuan tersebut kami menerapkan standar pelayanan secara menyeluruh, baik menjaga standar pelayanan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), memastikan pelayanan dalam sisi produk, serta menjaga pelayanan dari sisi proses transaksi dan pada sisi tempat (fisik bangunan)” paparnya.

Baca: Kinerja Ekspor Meningkat, April Group Raih Penghargaan Primaniyarta 2019


Solihin menuturkan sebagai Toko Komunitas, pelayanan yang dilakukan tidak sebatas di toko saja. Pelayanan juga dilakukan dengan bentuk program-program inovatif dan bertujuan memberikan kepuasaan bagi pelanggan, antara lain dengan menghadirkan pelayanan value added service, yakni layangan pembayaran serta menyediakan layanan bagi komunitas yakni berupa ruang komunitas bernama Rumah Albi. “Program terkait pelayanan mengacu pada fokus service kami pada tahun 2014 yakni Alfamart menjadi toko komunitas yang dapat diandalkan dan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan. Bagi Alfamart, pelayanan juga berarti meningkatkan peran Alfamart di tengah-tengah masyarakat.” pungkasnya.(rls/syawal)