window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'UA-128974298-1');

Categories: Regional

Corona Jangan Bikin Warga Lupa Bahaya DBD

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Wabah COVID-19 memang penyakit berbaya, karena penularannya sangat cepat dan kini sudah menjangkiti belasan orang di Riau. Namun jangan sampai wabah corona membuat masyarakat abai dengan DBD.

Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru terus berupaya melakukan pencegahan ancaman penyakit DBD. Upaya pencegahan dilakukan lewat penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, M Amin mengimbau kepada masyarakat selain antisipasi wabah Covid-19.

Advertisement

Dikatakannya, masyarakat juga harus selalu menjaga lingkungan dalam upaya pencegahan penyakit DBD, dan diimbau untuk melakukan 3M plus. “3M plus itu menguras bak mandi, menutup bak mandi dan mengubur barang yang berpotensi menampung air disaat hujan,” katanya.

Dia menambahkan, penyebab penyakit DBD lebih disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti yang berkembang biak di genangan air bersih. Kasus DBD biasanya juga akan meningkat seiring dengan mulai tingginya intensitas curah hujan, sebab ada banyak tempat bagi jentik untik berkembang biasa.

Baca: Covid-19: Syamsuar Intruksikan RS Tambah Tempat Tidur untuk Pasien

Amin menuturkan, social distancing yang dilakukan masyarakat saat ini hendaknya tidak hanya memperhatikan kondisi kesehatan diri, tapi juga peka dengan lingkungan sekitar. “Masyarakat juga harus komitmen dan sama-sama melaksanakan 3M plus,”imbuhnya. (bpc3)

 

Advertisement