Walah, Hanya 30 Persen Saja Koperasi di Pekanbaru yang Aktif

Senin, 13 Oktober 2014 11:57
Walah, Hanya 30 Persen Saja Koperasi di Pekanbaru yang Aktif
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Lebih dari 600 koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi di Pekanbaru dinyatakan tidak aktif. Menurut Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Khambarialdy, Koperasi yang tidak aktif lebih banyak dikarenakan faktor menejerial koperasi yang tersendat. Diantaranya tidak malakukan Rapat Akhir Tahun (RAT).
Namun demikian, Pihak Dinas Koperasi tetap berupaya keras untuk membangunkan koperasi-koperasi yang ‘tidur’, agar mereka bisa kembali menggerakkan atau memafaatkan pengembangan potensi mereka lewat pembinaan dan pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru.
“Dari 900 koperasi yang terdata, hanya sekitar 300 yang aktif. Dalam artian mereka melakukan RAT, Namun kegiatan dan aktivitas mereka kita ketahui,” katanya, Senin (13/10/2014).Selama ini upaya yang bisa dilakukan pihak Dinas Koperasi, hanya memberikan penyuluhan kepada koperasi-koperasi tersebut. Yaitu lewat tim pengawas koperasi yang turun langsung ke lapangan dan memberikan arahan serta penyuluhan. “Sejauh ini kita akan terus mengajak mereka agar bisa atif kembali dengan menjalankan sistem yang sudah ada dalam koperasi itu sendiri,” tambahnya. (melba)