Mau Wiraswasta, Pertama Harus Punya Keyakinan !

Kamis, 02 Oktober 2014 16:01
Mau Wiraswasta, Pertama Harus Punya Keyakinan !

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Masih banyak orang kebingungan apa yang mesti dipersiapkan bila ingin terjun ke dunia bisnis. Akhirnya keinginannya tak terwujud karena lebih memilih jalur aman dan hidup tenang, seperti menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Direktur di Indika Kreasindo, Event Organizer, Indah Wita berbagi tips untuk siapa saja yang ingin menjadi wirausaha. Karena pada prinsipnya, wirausaha dalam dilakukan oleh siapapun. Yang pertama dimiliki adalah keyakinan.

Advertisement

Berikut petikan wawancara, bersama Indah saat berbincang dengan Riki dan Maulana wartawan bertuahpos.com. Usai seminar enterpreuner di Mal Ciputra beberapa waktu lalu.

BERTUAHPOS.COM : Keyakinan seperti apa yang mesti dipunyai bagi mereka yanag ingin terjun ke dunia bisnis?
Indah Wita: Keyakinan itu, tahu dulu apa yang kita sukai apa yang akan kita jalankan. Dengan begitu kita akan kenal dengan baik usaha yang akan dijalani.

Baca: Produk MEA Tak Mungkin Dibendung, UMKM pun Harus Tingkatkan Kualitas

BERTUAHPOS.COM : Mengapa harus menyukai usaha yang akan dijalani?
Indah Wita: Karena kalau kita menjalankan usaha yang disukai lalu mencintai usaha kita tersebut. Maka selama proses akan menjalankannya dengan hati.

BERTUAHPOS.COM: Apakah keyakinan ini seperti nekat, begitu?
Indah Wita: Keyakinan yang saya maksud bukanlah keyakinan kosong, yang takberdasar. Kita tetap mesti mengeksplore yang kita miliki sebelum memulai usaha dengan penuh perhitungan.

Artinya tidak mesti menunggu perhitungan matang, nanti tidak bakal memulai. Yang utama harus berani mencoba. Kalau gagal, coba lagi,gagal, coba lagi, masih gagal coba cara lain.

BERTUAHPOS.COM: Saat ini masih banyak yang berminat jadi PNS. Apakah itu salah?
Indah Wita: Menjadi PNS, kalau saya balik lagi ke diri masing masing. Punya impian apa. passions apa. Kalau PNS motivasi macam-macam. Setelah pensiun hidup tenang tak perlu susah susah.

BERTUAHPOS.COM: Apakah Indah pernah berminat jadi PNS?
Indah Wita: Kalau saya berfikir hidup ini hanya satu kali. Untuk itu hal yang terbaik yang bermanfat untuk orang banyak kalau saya sih itu. Kalau saya membuka usaha bisa membuka peluang lapangan kerja.

BERTUAHPOS.COM: Berwirausaha bukan untuk diri sendiri?
Indah Wita: Usaha yang bermanfaat untuk orang banyak. Itu lebih baik.

BERTUAHPOS.COM: Apakah saran untuk pengusaha pemula dalam menghadapi kendala?
Indah Wita: Kendala di usaha apapun pasti ada. Mau besar maupun kecil, tinggal bagaimana menyikapinya. Setiap kendala ada solusinya. Jadikan sebagai tantangan, sehingga mendapatkan solusi yang terbaik. Seperti perusahaan saya yang manifesto solusion patner. Tidak sekedar menampung keluhan, tapi memberikan solusi ketiap klien. (riki)