Koperasi di Pekanbaru Bisa Menghasilkan Rp 1 Triliunan

Rabu, 11 Juni 2014 10:04

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Kendati banyak yang tidak sehat, namun koperasi yang aktif di Pekanbaru masih bisa membukukan pendapatan sekitar Rp 1 triliun tiap tahunnya.


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha kecil Menengah (UKM), Destrayani Bibra kepada bertuahpos.com, Selasa (10/6/2014) kemarin. “Kalau dilihat dari tingkat peredaran keuangan koperasi, bisa lebih dari satu triliun rupiah tiap tahun. Itu dari yang 342 koperasi aktif,” ujarnya.


Dinas Koperasi juga akan mengakomodir koperasi yang tidak sehat kembali aktif. Dirinya menargetkan tahun 2014 ini, ratusan koperasi akan kembali sehat. Ditargetkan dalam tahun ini ada 500 koperasi akan aktif. Diantaranya dengan memfasilitasi beberapa pihak perbankan dan BUMN.


“Ada beberapa penyertaan, seperti pemberian modal kepada koperasi yang tentunya dengan syarat-syarat. Karena perbankan punya kredit usaha rakyat serta Bank Dengan LKM-Koperasi (PHBL-Kop),” jelasnya. Karena ia menilai koperasi merupakan salah satu sektor yang membentuk ekonomi masyarakat. “Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, disitu kuncinya,” sebutnya.

Baca: Dari Kantong Semar, Multajam Raup Omset Puluhan Juta Rupiah

Saat ini lebih separuh koperasi di Kota Bertuah tercatat tidak aktif dan sakit. Setidaknya hanya 342 koperasi yang aktif, yang termasuk kategori sehat cuma 120an di Pekanbaru. (riki)