40 Muda-Mudi Riau Siap Jadi Enterpreneur Baru

Selasa, 10 Juni 2014 17:16
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Sebanyak 80 orang pemuda/i dari Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir memperdalam ilmu dan ketrampilan di bidang pengelasan, otomotif, instalasi listrik dan tata rias/salon dengan metode 70 persen praktik dan 30 persen teori.
 
Dari 80 peserta pelatihan, 40 peserta terbaik akan mendapat bantuan modal untuk memulai usaha sesuai dengan ketrampilan yang telah dipelajari dalam dua bulan dan ditutup hari ini, Selasa (10/6/2014) oleh Wakil Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.
 
Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Politeknik Caltex Riau dalam waktu dua bulan.Program pelatihan kejuruan dan wirausaha ini terbagi dalam 3 tahapan, yaitu;  Pengembangan pelatihan kejuruan, Pendampingan untuk penumbuhan usaha baru bagi alumni pelatihan, dan Fase pengembangan usaha serta akses permodalan hingga peserta bisa menjalankan usahanya secara mandiri.

Pelatihan kejuruan dan wirausaha ini ditaja SKK Migas dan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). Program Vocational Training and Business Start Up (Vote) yang sudah bergulir selama 3 tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bisnis masyarakat, utamanya mereka yang mempunyai keterbatasan ekonomi.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, memberikan apresiasi kepada manajemen CPI atas kepeduliannya terhadap anak-anak yang tidak memiliki akses pendidikan dan usaha.  “Saya meminta para peserta untuk bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan usaha yang telah mereka pelajari selama pelatihan dan berharap agar kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain,” ujarnya.

Program pelatihan kejuruan dan wirausaha ini terlaksana dengan baik berkat dukungan dari berbagai instansi seperti Politeknik Caltex Riau, SMKN 3 Pekanbaru, SMKN 5 Pekanbaru, LaPak UMKM, PT Capella Dinamik, asosiasi Profesional Elektrikal Indonesia dan pemerintah daerah Bengkalis dan Rokan Hilir.(rls/syawal)