Usaha Rental Mobil, Minimalisir Resiko Bisnisnya

Rabu, 26 Februari 2014 18:06
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kebutuhan alat transportasi merupakan kebutuhan yang cukup penting untuk menunjang mobilitas masyarakat. Termasuk kebutuhan akan kendaraan roda empat. Adanya kebutuhan itulah yang menjadi peluang dari pemilik kendaraan roda empat untuk menyewakan mobilnya, atau lebih banyak dikenal sebagai usaha rental mobil.
Salah satunya  usaha rental mobil di Pekanbaru adalah Rental Mobil Sahabat yang berlokasi  di Jl. Garuda Sakti, Tampan.
Riadi, Manager Rental Mobil Sahabat mengatakan pasar untuk usaha ini masih luas. Ia mengaku sering kehabisan mobil untuk melayani permintaan konsumen.
“Peluang usaha rental mobil untuk tahun 2014 cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat  dari banyaknya permintaan  dari maysarakat untuk menggunakan jasa rental, sehingga mobil yang ada di tempat kami tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ,” ujarnya, Rabu (26/02/2014).
Di samping peluang pasar yang besar, ia pun mengakui tingkat resiko bisnis ini juga cukup besar.  Misalnya adanya resiko mendapat konsumen yang tidak bertanggung jawab, yang menjual mobil kepada pihak lain. Resiko lainnya adalah saat terjadinya kecelakaan, bisa membuat penguasah harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi.
Untuk menghadapi resiko tersebut, Riadi pun berbagi tips untuk  membuka usaha rental mobil. Yang pertama dan utama adalah memilih lokasi strategis. Lokasi ini penting, supaya usaha kita mudah menjangkau target pasar.
Usaha rental mobil juga harus memahami selera konsumen. Misalnya paham jenis  mobil apa yang paling banyak dicari.  Setelah mendapatkan mobil yang diinginkan, pilih mobil yang rendah biaya operasionalnya. Seperti irit bahan bakar dan murah harga suku cadangnya.
Jika khawatir akan resiko kecelakaan, jangan segan untuk memanfaatkan jasa asuransi mobil.Tips yang terakhir adalah memperhatikan kelengkapan administrasi. Maksudnya administrasi antara si pemilik  rental dengan konsumen. Jangan lupa  minta data konsumen dengan lengkap sehingga dapat dilacak, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.  (mg1)