Raup Keuntungan Melalui Usaha Franchise Makanan Jepang

Kamis, 27 Juni 2013 10:06
Raup Keuntungan Melalui Usaha Franchise Makanan Jepang
BERTUAHPOS.COM-Bisnis franchise di bidang makanan selalu menjadi primadona. Raup keuntungan melalui usaha franchise makanan Jepang semakin dilirik oleh pelaku bisnis.
Sebab siapapun membutuhkan makanan, anak kecil maupun orang dewasa, tua-muda, laki-laki maupun perempuan, sejak lahir hingga akhir hayatnya. Karena itulah jenis usaha di bidang makanan biasanya lebih cepat balik modal dibandingkan usaha di bidang lainnya, dan selalu menjadi favorit calon franchisee.
Walau begitu persaingan usaha di bidang makanan pun sangat ketat. Tak jarang sesama franchisee bersaing sengit karena pengaturan teritori yang makin sempit. Akibatnya omzet usaha bukannya makin meningkat, malah makin turun.
Untuk menyiasati ini, calon franchisee harus membidik sasaran dengan tepat dan memilih segmentasi yang lebh spesifik. Bisnis bidang makanan yang patut dicoba adalah waralaba makanan Jepang (Japanese food). Sudah sejak lama Jepang menanamkan “imperialisme”-nya dalam bentuk lain di Indonesia. Komik, kartun manga, musik, fashion, dan produk budaya lainnya. Komunitas pecinta budaya Jepangpun berkembang di negara kita.
Karenanya tak heran jika makanan Jepang bisa “dijual”. Selain itu, Jepang masih bagian dari Asia, sehingga rasa makanan Jepang tidak begitu asing di lidah orang Indonesia.
Keberhasilan penularan selera terhadap makanan Jepang terbukti dengan banyaknya restoran Japanese food, warung tenda, hingga gerobak kecil atau yang biasa orang jawa sebut dengan “angkringan” berdiri di antara bisnis makanan dan minuman lainnya. Suasana santai ketika menikmati makanan Jepang ini yang banyak menjadi pilihan para pembeli. Harga yang relatif terjangkau juga menjadi pertimbangan pembeli. Raup keuntungan melalui usaha franchise makanan Jepang menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.
Untuk mendukung kesuksesan bisnis waralaba makanan Jepang ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh calon franchisee. Pertama, pastikan Anda membuka rumah makan waralaba Anda di lokasi yang strategis.
Pelajari sistem waralaba yang diberlakukan. Daripada membuka outlet baru, Anda bisa melakukan take over terhadap outlet yang sudah ada dan menjadi incaran Anda.
Selain itu, jika dananya memungkinkan, belilah hak waralaba utama. Ini memungkinkan Anda “menguasai” hak waralaba tersebut untuk suatu area. Sehingga calon franchisee lain yang ingin berbisnis waralaba yang sama harus memiliki izin Anda. Raup keuntungan melalui usaha franchise makanan Jepang masih sangat menjanjikan. (bundainbiz.com)