Melirik Indahnya Kebun Daun Mint di Pekanbaru

Rabu, 10 Februari 2016 14:26

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Siapa bilang kalau di kota Pekanbaru yang memiliki suhu normal sekitar 23 derajad selcius dan dapat di katakan cukup panas ini tidak cocok untuk berkebun daun mint? Di Pekanbaru Green Farm ternyata ada perkebunan daun mint pribadi milik Ika.

Tak perlu menciptakan banyak lahan, Ika dan suaminya menciptakan perkebunan tepat di lantai teratas rumah toko miliknya.

Seperti apa kebun daun Mint milik Ika? Bersama sang pemilik kebun crew bertuahpos.com dipersilahakn melihat langsung Pekanbaru Green Farm. Menaiki anak tangga demi anak tangga menuju lantai teratas atap Ruko lantai 4. Akhirnya terlihat juga jejeran rak Hydroponik yang rimbun berisi daun Mint.

Udara segar dan dingin yang berasal dari aroma daun mint terasa jelas di rongga hidung. Menurut Dody pemilik kebun, Berkebun Hydoponik ini dia geluti sekitar setahun belakangan.

Baca: Ternyata, Pekanbaru Belum Punya Hotel Syariah

Alasan dipilihnya Hydroponik sendiri menurut Dody, karena Pekanabaru adalah kota yang cocok untuk ber hydroponik, selain karena hobi, lahan yang terbatas dan suhu udara yang masih bisa disiasati membuat mereka memilih hydroponik sebagai alternatif cerdas bercocok tanam.

Jika biasanya kebun Hydroponik  menanam sayur jenis selada, seledri, dan sawi. Pekanbaru Green Farm justru menanam tumbuhan yang jarang di konsumsi masyarakat tempatan. Misalnya saja daun Mint ini.

“Sengaja menanam tumbuhan yang jarang dikonsumsi masyarakat tempatan, kalau yang lain sudah banyak tanam ngapain ditanam lagi dan kita mau cari yang beda,” sebut Dody.

Selain daun mint, Pekanbaru Green Farm juga menanam beberapa tumbuhan lain seperti tomat ceri, tomat Rewako, daun Kale, daun Basil, timun Jepang dan Parsley

Tak hanya itu saja, selain dedaunan dan buah, Pekanbaru Green Farm juga menanam bunga cantik seperti kenikir, mawar merah dan kuning melati dan masih banyak lagi tumbuhan yang lainnya.

Menurut Ika di Pekanbaru Green Farm miliknya sengaja ditanam bunga kenikir selain sebagai tanaman hias yang biasanya banyak dijumpai di pinggir jalan, ternyata kenikir juga berfungsi sebagai pengusir hama. Sebab beberapa hama tidak menyukai aroma daun kenikir.

“Di farm sengaja tidak kita berikan penghilang hama buatan, petisida contohnya. Kita ingin menjaga organiknya tanaman dengan pengusir hama organik juga,” tambah  Dody.

Nah, buat kamu yang penasaran dan ingin memulai bercocok tanam hydroponic seperti Pekanbaru Green Farm dapat langsung berkunjung ke Jalan Jendral. Tempat ini juga menyediakan bibit dan alat membuat rak Hydroponik (nova)