Jamur Tiram Masih Potensial di Pekanbaru

Rabu, 05 Maret 2014 17:05
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Bisnis budidaya Jamur Tiram Putih (Pleorotus ostreatus) termasuk usaha yang potensial di Pekanbaru. Seperti diakui Irfan, pemilik usaha budidaya Jamur Tiram Mitra Mandiri yang mengaku masih kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar di Pekanbaru.
 
Kepada bertuahpos.com, Rabu (05/03/2014), Irfan mengaku bisa panen Jamur Tiram sekitar enam hingga sembilan kilogram per hari. Itu hasil dari jamur yang dibudidayakannya di lahan berukuran 8 meter x 20meter.
 
Jumlah itu baru bisa memenuhi permintaan pasar di sekitar Panam. Yakni wilayah yang masih terbilang dekat dari tempat usahanya, di Jalan Garuda Sakti. “Jamur budidaya kami sudah habis untuk masyarakat di sekitar sini,” ujarnya.
 
Satu kilogram jamur tiram, Irfan biasa menjual sekitar Rp 20 ribu. “Harga saya lebih murah dari pada di pasaran, yang biasanya dijual Rp 35 ribu per kilogram. Apalagi untuk kalangan perhotelan, bisa lebih mahal lagi,” jelasnya.
 
Namun Irfan belum bisa masuk ke pasar tersebut karena masih kewalahan dengan produksinya. Padahal potensi pasarnya masih sangat besar.
 
“Saat ini kami sedang meningkatkan produksi kita, karena untuk sekitar Panam saja sudah habis, jadi untuk merambah ke pasar kami belum bisa,” katanya. Padahal menurutnya potensi pasar sangat besar. Karena rasa jamur

 
Menurutnya, Jamur Tiram sudah mulai populer di Pekanbaru. Terutama untuk mereka yang memperhatikan kesehatan. Jamur ini memiliki kelebihan dari sisi rasa dan tekstur kenyal, menyerupai daging (meaty taste).
 
Sedangkan dari teknik budidaya, jamur ini relatif aman dari hama. Kalaupun ada kegagalan, biasanya disebabkan karena faktor suhu lingkungan sekitar. 
 
Dengan kemudahan teknik budidaya itulah, Irfan pun tak segan-segan untuk mengajak orang untuk ikut membudidayakan jamur tiram. Ia juga menyediakan media tanam dan bibit untuk orang yang berminat membudidayakan jamur tiram. 
 
Apabila Anda termasuk orang yang tertari dengan jamur tiram, bisa menghubungi Irfan di 085263019022.  (riki)