Eksplorasi Bisnis Fotografi

Rabu, 24 Juli 2013 12:13
Kini giliran Sakti Sidharta, dan Jacky Suharto berbagi mengenai bisnis di bidang fotografi. “Digital revolution era telah me-empower dunia fotografi, ” tutur Jacky. Keduanya sepakat mengenai persaingan bisnis fotografi di Indonesia yang terbuka luas.
 
Ruang berkarya makin didukung dengan teknologi yang berkembang pesat. “Saya pribadi kini tengah mempelajari cinematography,” terang Sakti yang mengaku memiliki passion tersendiri di bidang fashion fotografi. “Cinematography dan HDR di Indonesia masih belum banyak. Ini kesempatan bagi kaum muda untuk mengeksplorasinya,” tambah Jacky.
 
Dalam talk show hari terakhir Entrepreneur Festival ini, Sakti dan Jacky memberikan insight mengenai pengalaman terjun di bisnis fotografi. Sakti memulai ketertarikannya memotret area panggung dan band, sementara Jacky menaruh ketertarikan wedding photography. “Dukungan dari rekan-rekan saya membuat saya memutuskan untuk berbisnis, “terang Jacky yang telah merintis JaySu Photography lima tahun lalu.
 
“Tujuh puluh persen adalah intuisi, dan sisanya adalah teknik skill, ” demikian jawab Jacky saat ditanya mengenai bagaimana menciptakan karya yang bagus. Intuisi dapat diasah dari beragam cara. Langkah awal tentunya mengetahui interest, selanjutnya temukan taste kita. “Mudah saja, awalnya kita meniru saja terlebih dahulu, setelah itu makin lama kita akan temukan taste. Akhirnya intuisi kita dapat terasah,”
 
Untuk terjun ke bisnis, para pembicara pun sharing mengenai beberapa hal penting. Mulai dari tim khusus untuk marketing, editor, riset, dan sebagainya.
 
(entrepreneurfestival.co.id)