Olahraga

Persipura akan Temani Bali United ke AFC 2021

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – PSSI akhirnya menyatakan Persipura akan menjadi wakil Indonesia menemani Bali United ke AFC 2021.

Hal ini dilakukan setelah AFC membalas surat PSSI, dan mengatakan bahwa slot klub ke AFC harus sesuai dengan Entri Manual AFC Club Competition 2021.

“AFC memahami maksud dan tujuan PSSI yang memilih Persija sebagai runner up Piala Indonesia 2018/2019. Namun AFC ingin klub yang bermain di AFC Cup 2021 harus sesuai Entry Manual AFC Club Competition 2021 terkait Sporting Criteria,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi dilaman resmi PSSI.

Karena akan mewakili Indonesia, Persipura kemudian diminta melengkapi persyaratan dan mengumpulkannya pada 21 Desember besok.

Sebelumnya, Persipura Jayapura melayangkan protes ke PSSI terkait penunjukan Persija mendampingi Bali United ke Piala AFC 2021.

Asisten pelatih Persipura, Ridwan Bento Madubun mengatakan pihaknya menilai penunjukan Persija tak sesuai regulasi AFC. Di regulasi AFC, tim yang berhak ikut Piala AFC 2021 adalah pemenang liga tertinggi, pemenang Piala Indonesia, runner up liga tertinggi, dan posisi tiga liga tertinggi.

Di poin ini, Bento memprotes Persija Jakarta yang hanya runner up Piala Indonesia 2019, bukan juara ataupun runner up Liga 1 sebagai liga tertinggi di Indonesia.

Harusnya, menurut regulasi tersebut, Persipura yang berhak mendampingi Bali United, karena PSM Makassar (juara Piala Indonesia dan runner up Liga 1) tak mendapatkan sertifikat klub profesional dari AFC. (bpc4)