Sukses Berbisnis Online, Pakai Empat Strategi Marketting Ini

Rabu, 29 Januari 2014 16:12

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru- Jika ingin meningkatkan penjualan dalam bisnis yang sedang digeluti,sarana online bisa jadi salah satu alternatif. Hal ini didukung seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia. Hal itu disampaikan Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau, Benny Sukma Negara ST MT, kepada bertuahpos.com Rabu (29/01/2014). “Beberapa strategi yang bisa digunakan yaitu Search Engine Optimisation (SEO), Sosial media, berbayar di google, dan content Marketting,” ujarnya.

Untuk pelaku usaha pemula dengan budget terbatas disarankan mengoptimalkan pemasaran lewat internet. Selain murah juga dinilai efektif. Kata Benny fungsi SEO membantu meningkatkan page rank website atau blog pada posisi atas searching google. “Sehingga laman tempat menjual produk akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa mendapatkan kunjungan yang banyak dari konsumen,” ujarnya. Jika pengunjung banyak peluang mendapatkan konsumen tentu semakin besar. “Yang terpenting pedagang menuliskan artikel SEO dengan benar. Atau bisa juga menyewa jasa pembuat SEO,” tambahnya.

Selain itu Media sosial, seperti facebook, twitter, dan youtube bisa jadi pilihan. “Masyarakat Indonesia dikenal interaktif di media sosial. Bagi usaha yang masih baru cara ini sangat efektif,” ujarnya. Benny menyarankan pelaku usaha memakai fan page yang disediakan facebook. “Walau berbayar, jumlah fan unlimited audienpun bisa dipilih. Kalau menggunakan akun pribadikan target pemasaran jadi terbatas,” saran Benny. Ada juga sistem Paid search di google. “Konsepnya seperti iklan. Website kita bisa langsung menjadi teratas
di mesin pencarian. Tapi sifatnya jangka pendek, tidak seperti SEO yang lebih jangka panjang,” jelasnya.Terakhir yang mesti diperhatikan pelaku usaha yaitu content marketing. “Maksudnya, kita harus membuat konten yang bisa menarik. Agar pembaca berminat membeli produk. Seperti kumpulan testimoni pelanggan, atau tulisan tentang proses pembuatan produk,” ujarnya.

Supaya bisa memberikan efek secara emosional bagi pembaca.Sebenarnya menurut Benny ke empat strategi itu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jika digunakan keseluruhan malah lebih baik. “Yang terpenting itu dilakukan secara optimal dan berkelanjutan. Supaya hasil yang dicapai sesuai dengan yang ditargetkan,” ujar pria berkacamata ini. (Riki)

Baca: Pindah Tempat Pameran, Penjualan Mastoso Meningkat