Jepang Jalin Kerjasama Kembangkan UMKM di Indonesia

Rabu, 17 April 2013 22:48
Jepang Jalin Kerjasama Kembangkan UMKM di Indonesia

BERTUAHPOS.COM(BPC)-Osaka – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) sepakat menjalin kerjasama dengan perkumpulan profesional Indonesia yang bekerja di Jepang (Enjinia Nusantara) dalam upaya peningkatan kualitas produk usaha-usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan memberikan sentuhan inovasi dan teknologi dari Jepang.

Kesepakatan ini lahir pada acara diskusi terbatas yang diadakan di Osaka, Jepang pada 13 April 2013 lalu, yang ditandai dengan penandatanganan surat kesepakatan kerjasama oleh Seskemenkop UKM Agus Muharram dan Ketua Enjinia Nusantara Abdi Pratama. Penandatangan surat kerjasama ini juga disaksikan oleh Ketua Japan Indonesia Kaizen Center (JIK-C) Sigit Widodo, dan Konsul Jenderal RI Ibnu Hadi.

Advertisement

Mewakili Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Agus menyambut baik terbentuknya jalinan kerjasama ini. “Mewakili Bapak Menteri saya terus terang sangat mendukung Enjinia Nusantara agar terus aktif dalam membantu pengembangan UMKM di Indonesia. Saya bangga dengan Enjinia Nusantara”, ungkap dia.

Dalam kesepakatan kerjasama ini dinyatakan Kemenkop UKM akan membentuk tim kerja khusus bersama Enjinia Nusantara yang nantinya bertugas untuk melakukan Genchi Genbutsu (melihat secara langsung) ke lapangan kondisi UKM di Indonesia, kemudian bersinergi untuk melakukan inovasi berdasarkan keilmuan dan pengalaman yang dimiliki selama bekerja sebagai praktisi profesional di dunia industri Jepang. “Aksi bersama ini ditargetkan mulai pada Juli 2013 dan akan dievaluasi setiap tahunnya”, tukas Agus.

Baca: Hammer Tawarkan Harga Spesial untuk Koleksi Drawstring Pants