Harga Daging Melonjak, Hatta Tegur Kementerian Teknis

Rabu, 10 Juli 2013 10:40
BERTUAHPOS, JAKARTA – Menyadari minimnya pasokan impor hingga memicu lonjakan harga daging, Menko Perekonomian Hatta Rajasa rupanya gerah.
 
Dia pun langsung mengarahkan kesalahan ke kementerian teknis terkait sebagai biang keterlambatan realisasi impor daging sapi.
 
“Sampai sekarang dagingnya tak masuk masuk. Masak Menko yang harus belanja sendiri ke sana. Kalau harga seperti sekarang ini, kan kasihan,” kata Hatta, Selasa (9/7/2013).
 
Menjelang Ramadan harga daging sapi di sejumlah pasar memang meroket lebih dari Rp100.000 per kg, jauh di atas harga normal Rp70.000 per kg.
 
Pemerintah, menurut Hatta, sudah menugaskan Bulog untuk mendatangkan daging sapi sejak 3 bulan lalu.
 
Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan pun diminta segera memberikan rekomendasi dan izin kepada Bulog untuk melaksanakan impor.
 
Bulog, tegasnya, tidak bisa disalahkan karena hanya bertindak pelaksana impor. “Tanpa surat rekomendasi Kementerian Pertanian dan Perdagangan, Bulog tidak bisa jalan.”
 
Karena rencananya Hatta akan meminta pertanggungjawaban kementerian teknis terkait dalam rapat koordinasi hari ini, Rabu (10/7/2013). (bisnis.com)