Harga Daging Melonjak, Hatta Tegur Kementerian Teknis

Rabu, 10 Juli 2013 10:40
BERTUAHPOS, JAKARTA – Menyadari minimnya pasokan impor hingga memicu lonjakan harga daging, Menko Perekonomian Hatta Rajasa rupanya gerah.
Â
Dia pun langsung mengarahkan kesalahan ke kementerian teknis terkait sebagai biang keterlambatan realisasi impor daging sapi.
Â
“Sampai sekarang dagingnya tak masuk masuk. Masak Menko yang harus belanja sendiri ke sana. Kalau harga seperti sekarang ini, kan kasihan,” kata Hatta, Selasa (9/7/2013).
Â
Menjelang Ramadan harga daging sapi di sejumlah pasar memang meroket lebih dari Rp100.000 per kg, jauh di atas harga normal Rp70.000 per kg.
Â
Pemerintah, menurut Hatta, sudah menugaskan Bulog untuk mendatangkan daging sapi sejak 3 bulan lalu.
Â
Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan pun diminta segera memberikan rekomendasi dan izin kepada Bulog untuk melaksanakan impor.
Â
Bulog, tegasnya, tidak bisa disalahkan karena hanya bertindak pelaksana impor. “Tanpa surat rekomendasi Kementerian Pertanian dan Perdagangan, Bulog tidak bisa jalan.”
Â
Karena rencananya Hatta akan meminta pertanggungjawaban kementerian teknis terkait dalam rapat koordinasi hari ini, Rabu (10/7/2013). (bisnis.com)