Usai Terigu, Harga Mentega Kemasan Ikut Naik

Kamis, 10 April 2014 15:11

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Bagi anda yang berencana membeli produk untuk pembuatan kue, setidaknya saat ini perlu jaga-jaga. Pasalnya memasuki minggu kedua bulan April 2014, barang kemasan mentega naik harga berkisar Rp 2000.

Hal ini disebut petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Cece kepada bertuahpos.com. “Selain sayur mayur, produk kemasan khususnya mentega mengalami kenaikan harga,” ujarnya Kamis (10/04/2014).

Dari data rilis Disperindag Kota Pekanbaru, Mentega merek Blue Band yang berukuran 1 Kilogram mengalami kenaikan dari Rp 28.000 menjadi Rp 30.000. Sedangkan blue band yang berat 200 gram masih seharga Rp 7000. Sedangkan Merek Simas tetap Rp 5000 per 200 gram.

Sebelumnya di enam sample pasar tradisional Pekanbaru yang dijadikan sample, kenaikan harga juga dialami tepung dan minyak goreng kemasan. Tepung terigu khusus yang berukuran 1 Kg sedangkan Minyak goreng kemasan berukuran 2 Kg.

Baca: Poshboy, Diskon Celana Jins Hingga 70 Persen

Kepala Disperindag El Syabrina, beberapa waktu lalu kepada bertuahpos.com menilai kenaikan harga barang khususnya bahan baku pembuatan kue kering disebabkan fluktuasi nilai tukar rupiah ke mata uang dolar.


“Tepung kita kan terbuat dari gandum, gandum tentu harus impor. Sedangkan CPO kita beberapa waktu lalu sedang mengalami kenaikan, jadi kenaikan harga lebih karena kedua faktor tersebut,” prediksinya.

Namun El membantah bila kenaikan harga ini merupakan karena bulan ramadhan yang semakin dekat. “Saya menilai bukan karena itu (Ramadhan),” sebutnya. Ia menambahkan bila nantinya terjadi kenaikan harga yang memberatkan masyarakat pihaknya telah menyiapkan 15ribu paket sembako untuk menangani kenaikan barang tersebut. (riki)