Susu Kental Manis Naik, Pedagang Es Kelabakan

Senin, 17 Maret 2014 14:22

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Harga susu kental manis dalam kemasan mengalami kenaikan harga dalam seminggu terakhir ini. Akibatnya, pedagang kecil seperti es cendol, es tebak dan lainnya kelabakan.

Sebelumnya, harga susu kental manis masih di bawah Rp 10 ribu. Namun sekarang naik hingga menembus Rp 10-12 ribu, untuk berbagai merk. Untuk meminimalisir kerugian, pedagang es terpaksa menaikkan harga jualan mereka. 


Salah satunya Iman, pedagang yang biasa mangkal di Jalan Darma Bakti, Labuh Baru Barat. “Biasanya saya jual es cendol atau es tebak Rp 5-6 ribu per porsi, kini Rp 7-8ribu/porsi karena bahan baku seperti susu kental juga naik harganya. Daripada dikasih sedikit, nanti pelanggan malah mengeluh,” jelasnya.

Pembeli pun merasa diberatkan dengan harga tersebut, “Karena harganya naik, kami pun jarang membelinya lagi. Kalau ada waktu, palingan saya membuat es cendol sendiri di rumah untuk keluarga”, kata Hj.Ani, salah satu penggemar es cendol.

Hal ini juga dibenarkan oleh pemilik toko grosir dan eceran Rado di Jalan Darma Bakti Labuhbaru Barat. “Daya beli masyarakat akan susu kental manis kalengan berkurang karna harga yang tinggi. Kebanyakan pelanggan lebih memilih membeli susu saset”, ujarnya.(smr) 

 

Baca: Warga Pekanbaru Mulai Keluhkan Harga Gula Pasir Mahal dan Langka