Praktik Bisnis ala Nabi Muhammad S.A.W

Selasa, 04 Maret 2014 16:32
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Disebutkan dalam agama Islam, sembilan dari 10 pintu rejeki berasal dari usaha jual beli. Namun dewasa ini banyak pelaku bisnis yang tidak berpegang pada aturan yang sesuai dengan anjuran Islam. Mereka bahkan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan.


Nabi Muhammad S.A.W dalam perjalanan hidupnya tidak hanya mengajarkan mengenai tanggungjawab kepada Allah S.W.T. Beliau juga membagikan pengetahuan seputar perniagaan, bahkan juga memberika tauladan.
Buku ini terdiri dari 5 bab, dimana semua bab memberikan kita pencerahan  baru yang dapat menerangi hati dan pikiran dalam berusaha. Penulis mencoba menggabungkan pemikiran bisnis Rasulullah dengan pemikiran bisnis yang pada dasarnya tidak dapat disatukan karena berbeda cara pengaplikasiannya.

Yang menarik dalam buku ini adalah cara berbisnis yang juga memikirkan akibatnya setelah kita meninggal. Tentu saja ini adalah sesuatu yang sensitif dalam melakukan usaha. Karena apapun yang kita lakukan di masa hidup, akan diminta pertanggungjawabannya kelak oleh Allah S.W.T.

Buku ini sangat dianjurkan dibaca oleh orang yang ingin memulai usaha bahkan untuk orang yang sudah berkecimpung di dunia usaha.Semua bab dibahas secara umum, lalu diikuti dengan pengetahuan berbisnis yang benar yang diterapkan Rasulullah.(smr)  

 

Baca: Nelayan Keluhkan Populasi Ikan Bilis di Danau Singkarak Mulai Langka