Petani Mengeluh, Getah Anjlok di Bawah Harga Beras

Rabu, 12 Maret 2014 18:21
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Hampir satu bulan terakhir, harga getah dirasakan lemah dan belum ada tanda-tanda akan naik. Kondisi ini membuat petani kelimpungan sendiri.
 
Seperti yang dialami Fadli, salah satu petani getah dari Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar. Kepada bertuahpos.com, Rabu (12/03/2014), ia menyebutkan harga getah karet per kilogramnya jatuh, bahkan jauh di bawah harga beras per kilogram.
 
Seperti yang terjadi saat ini, harga getah jauh anjlok. Jika sebelumnya harga perkilogran masih di kisaran Rp11.000, kini turun drastis menjadi Rp7 000. Kondisi ini makin membuat petani sulit untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dari hasil menoreh getah.
 
“Saya tidak habis pikir, siapa yang menentukan harga getah ini. Kok lebih banyak turunnya daripada naik. Kalaupun harga naik, itu pun tak bertahan lama dan naiknya pun tak seberapa, tapi kalau harga turun, drastis turunnya. Seperti sekarang dari harga Rp.11.000 menjadi Rp.7.000,” keluhnya.
 
Ia juga menambahkan kalau harga getah turun kayak gini yang kasihan petaninya, karena mereka ambil getah langsung jual untuk dapatkan uang, sedangkan kalau pemilik modal banyak, getahnya bisa disimpan dulu sampai harga naik ” tambahnya.
 
Fadli berharap agar harga getah kembali naik, sehingga para petani tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang menggantungkan hidup dari getah. (yogi)