Musim panen dan penurunan harga emas tekan inflasi April

Rabu, 17 April 2013 21:41

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang April 2013 terjadi deflasi sebesar 0,10 persen. Deflasi disebabkan karena adanya penurunan harga beras dan gabah.

Kepala BPS Suryamin mengatakan masuknya musim panen dan turunnya harga emas membuat semua komponen penentu inflasi tidak terjadi sepanjang bulan.

Dengan capaian deflasi pada April ini membuat inflasi tahun kalender atau Januari sampai April sebesar 2,32 persen. Sedangkan secara year on year inflasi tercatat sebesar 5,57 persen.

“Sementara itu inflasi komponen inti tercatat sebesar 0,14 persen dan core inflation sebesar 4,12 persen,” ujar dia dalam jumpa pers di Kantornya, Pasar Baru, Jakarta, Rabu (1/5).

Baca: Wow, Diskon 70 Persen Baju Muslim di Zoya

Adapun daerah yg mengalami deflasi tertinggi tercatat terjadi di kota Maumere dan kota Palu. Sementara kota yang mengalami inflasi tertinggi terjadi di Padang Sidempuan.

“Deflasi yang terjadi pada April ini dikarenakan masih adanya penurunan harga beras dan gabah. Penurunan tersebut karena masuknya musim panen sepanjang bulan sehingga untuk komponen makanan terjadi deflasi sebesar 0,8 persen,” pungkas dia.