Moge Jadul Nan Cantik BMW Masuk Indonesia, Harganya Rp 445 Juta

Sabtu, 12 April 2014 14:26

BERTUAHPOS.COM, DESPANSAR -Tak lama setelah mulai diproduksi di Berlin, Jerman, motor bertampang jadul milik BMW Motorrad, BMW R nineT akhirnya diperkenalkan di Indonesia. Motor ini dilepas dengan harga Rp 445 juta sebelum pajak.

Terang saja, bagi para pecinta motor besar yang ingin tampil beda, motor ini merupakan salah satu motor paling ditunggu. Bukan apa-apa, sebab BMW R nineT adalah hadiah ulang tahun ke-90 BMW Motorrad.

Tidak seperti motor-motor BMW lain yang menyiratkan aura sporty berbalut nuansa modern, BMW R nineT tampil dengan memadukan karakter kasar sebuah motor sport bermesin boxer yang menjadi ciri motor-motor sport jaman dulu, namun dengan teknologi termutahir. Tak salah jika akhirnya motor ini menjadi salah satu motor tercantik di dunia.

Dengan motor ini, BMW menegaskan kalau desain retro tidak jadul. Retro adalah genre yang bakal kembali disukai. Dengan motor ini pula BMW Motorrad ingin memenuhi keinginan para penggemar motor yang ingin ‘motor murni’ dan kesenangan berkendara.

Baca: Pekan ke-2 Ramadan, Harga Cabai Merah di Pekanbaru Mulai Turun

Desain urakan pun sengaja diciptakan agar kesan garang tersembul, di sisi lain, bagi yang sedang modifikasi, BMW seperti memberi kebebasan di motor ini.

Motor ini diproduksi di pabrik BMW Motorrad di Berlin, bersanding dengan produksi R1200GS dan R1200RT. Seperti halnya motor-motor BMW lain, motor ini dibuat dengan seksama.

Terlebih sebelum keluar dari pabrik, berbagai aspek motor ini diuji terlebih dahulu termasuk pengujian dinamometer di mana ada lebih dari 1.000 parameter yang berbeda diukur sebelum motor bisa dilepaskan.

Bahkan untuk melahirkan motor ini, sebuah motor BMW R nineT melibatkan 21 orang pekerja yang merakitnya lewat 14 siklus perakitan.

Dan karena BMW Motorrad termasuk produsen yang sangat senang menggunakan mesin-mesin boxer di motornya, maka jangan heran kalau di jantung BMW R nineT juga terdapat sebonggol mesin boxer.

Prinsip dan desain mesin ini diklaim BMW Motorrad identik dengan mesin yang pernah digunakan oleh BMW R 32 di 1923. Hentakan torsi serta suaranya dibuat sedemikian rupa agar para pecintanya jadi ingat dengan sejarah panjang motor BMW.

Berkapasitas 1.170 cc, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sampai 110 hp pada 7.750 rpm dengan torsi 119 Nm di 6.000 rpm. Di sebelah kiri ada knalpot dengan silincer kembar. Knalpot dari bahan titanium bikinan Akrapovic ini pun siap menghentak.(detikoto)