Komoditas dalam Kemasan Naik karena Fluktuasi Pasar

Rabu, 09 April 2014 09:03
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Bulan Ramadhan masih beberapa bulan lagi. Namun komoditi dalam kemasan seperti minyak goreng maupun tepung terigu sudah mengalami kenaikan Rp 1000 hingga Rp 2000. Dari data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kenaikan harga terjadi pada beberapa merek.
 
Diaperindag Kota Pekanbaru mendata pada akhir Maret dan awal April, minyak goreng kemasan dua liter naik. Seperti Bimoli yang naik dari sebelumnya Rp 25.000 per kemasan menjadi Rp 26.000 per kemasan. Sedangkan Fortune kemasan dua liter naik dari harga Rp23.000 menjadi Rp25.000 per liter. Untuk tepung merek segitiga biru dari harga sebelumnya Rp 7000 menjadi Rp 9000.
 
Namun Kepala Disperindag, El Syabrina menilai kenaikan harga tersebut bukan disebabkan mendekati bulan Ramadhan. “Saya menilai kenaikn harga tersebut lebih dikarenakan fluktuatif nilai dolar dan harga minyak kelapa sawit,” ujar El di kantornya (08/04/2014).
 
Kecil kemungkinan kenaikan harga produk kemasan tersebut disebabkan mendekati bulan ramadhan.
 
Sedangkan harga sayur sayuran seperti varietas cabe yang masih mahal, lebih dikarenakan faktor cuaca. “Karena banyak petani yang gagal panen karena anomali cuaca,” tuturnya.
Namun timnya tetap akan terus memantau kondisi yang ada di pasaran. Jika harga yang ada melambung tinggi pihaknya telah menyiapkan program pasar murah, dengan besaran subsidi Rp 50ribu per paket sembako. (riki)