Ini Cara Bedakan Telur Infertil dengan Telur Ayam Biasa

Kamis, 11 Juni 2020 10:42
Ini Cara Bedakan Telur Infertil dengan Telur Ayam Biasa

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Warga diminta berhati-hati saat membeli telur. Baru-baru ini warga di Tasikmalaya dihebohkan dengan telur inferril yang dijual di pasar tradisional.

Telur infertil adalah telur ternunas, dengan kata lain telur yang akan menjadi anakan ayam. Sesuai dengan Permentan No 32 Tahun 2017, telur ini dilarang dijual di pasaran.

Advertisement

Telur ini dijual dengan harga rendah di pasar tradisional Tasikmalaya. Harga telur biasa dijual pada kisaran Rp22.000 – Rp25.000 per kilogram. Sedangkan telur infertil hanya dijual dengan harga Rp15.000 per kilogram. Warga yang curiga kemudian melaporkan hal tersebut ke pemerintah setempat.

Cara membedakan telur infertil dengan telur ayam biasa cukup mudah. Telur infertil memiliki warna yang lebih pucat. Sedangkan telur ayam biasa warnanya agak kecoklatan.

Baca: Rp 190 Ribuan Bisa Beli Celana Poshboy

Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Tasikmalaya membongkar penjualan telur infertil di Kompleks Pasar Induk Cikubruk Tasikmalaya, Selasa lalu. Akibatnya, penjual telur diperiksa polisi. Sedangkan barang bukti telur infertil disita oleh petugas. (bpc3)