Harga Tomat Terjun Bebas di Pasar Tradisional

Rabu, 20 Agustus 2014 13:21
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Memasuki pekan ke tiga di Bulan Agustus, beberapa komoditi pangan mengalami penurunan harga. Termasuk yang dialami komiditi tomat.

Penuturan Wati, pedagang sayur di Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru kepada bertuahpos.com Rabu (20/08/2014), harga tomat anjlok. “Harga tomat jauh sekali turunnya, sekarang harganya Rp5.000 per kg. Padahal kalau sebelumnya Rp8.000 per kg,” jelasnya.

 

Turunnya harga tomat ini kerena stoknya yang banyak, sedangkan tingkat ketahanannya sebentar. “Apalagi sekarang stok dari agen banyak yang masuk baik dari jawa maupun dari mudik, sedangkan untuk ketahanan tomat ini kan sebentar,” tambahnya.
 

Berbeda dengan harga tomat yang mengalami penurunan, untuk komoditas buncis justru mengalami kenaikkan harga. “Lain dengan buncis yang naik harga. Sekarang harganya Rp18.000 per kg, kalau sebelumnya hanya Rp12.000 per kg,” paparya.
 

Alasan kenaikkan harga buncis berbanding terbalik dengan Tomat yang memilki banyak stok di pasaran jutrsu stok buncis sedikit yang masuk,” kalau stok buncis memang sedang berkurang sekarang, tidak sebanyak seperti biasanya,” tuturnya.(yogi)

Baca: Hari Ini Saja, Buy 1 Get 1 Free di Oregano dan Factor Ska