Harga Sayur-mayur Berangsur Naik

Kamis, 10 April 2014 14:44
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Sempat mengalami tren penurunan harga di awal Maret, kini komoditi sayur-mayur mengalami kenaikan. Besarannya mencapai Rp 2000 tiap kilogramnya.
 
Hal ini dibenarkan petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Cece kepada bertuahpos.com. “Untuk minggu ke dua April, komoditas sayur-mayur menunjukkan kenaikan harga,” ujarnya Kamis (10/04/2014).
 
Dari data yang dirilis Disperindag per 10 April 2014, kenaikan terjadi pada jenis cabai, bawang merah, dan buncis. Khusus cabe rawit dan tomat mengalami penurunan harga sebesar Rp 2000.
 
Cabe Merah Bukit Tinggi yang sebelumnya Rp 20ribu perkilogram (Kg) sekarang menjadi Rp 22ribu. Sama halnya dengan cabe hijau dari harga Rp 18ribu menjadi Rp 20ribu. Sedangkan bawang merah yang sebelumnya Rp 14ribu kini dijual Rp 16ribu. Buncis yang biasanya Rp 10ribu per Kg kini melonjak jadi Rp 12ribu. Sedangkan cabe rawit yang beberapa waktu lalu melonjak di harga Rp 50ribu per Kg saat ini mulai turun jadi Rp 48ribu. Dan tomat yang biasanya dijual Rp8ribu kini seharga Rp 6ribu perKg.
 
Sedangkan sayuran lain seperti mentimun, Kol, bawang putih, wortel, kentang, relatif stabil. Hingga pertengahan April ini belum menunjukkan gejolak harga.
 
Menurut Kepala Disperindag, El Syabrina fluktuasi harga ini memang sudah terasa sejak Maret lalu. “Sayur mayur khususnya yang digunakan sebagai bumbu masakan memang sedang naik. Hal itu karena faktor cuaca, dari informasi yang kami dapat banyak petani yang mengalami gagal panen disebabkan cuaca yang tidak pasti,” sebutnya.Namun El menyebutkan tetap akan memantau pergerakan harga yang ada. (riki)