Bibit Jamur Tiram Mulai Rp 10 Ribu Saja

Kamis, 06 Maret 2014 10:26
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Warga Pekanbaru yang berminat berbisnis budidaya Jamur Tiram Putih (Pleorotus ostreatus) kini tidak perlu pusing mencari bibit atau media tanam. Karena semua itu bisa dibeli dari pelaku usaha jamur tiram yang ada di Kota Bertuah ini.
 
Satu diantaranya ada di usaha budidaya jamur tiram Mitra Mandiri, Jalan Garuda Sakti, Panam. Irfan, Owner Mitra Mandiri kepadabertuahpos.com menuturkan sudah tiga tahun menjalankan usaha tersebut. Masyarakat yang datang, tak sekedar membeli jamur segar melainkan juga bibit dan media tanam. 
 
“Banyak juga yang datang untuk membeli bibit, media tanam (baglog) bahkan jamur yang masih dalam pembudidayaan. Karena bibit dan media tanam dibuat sendiri, harga di tempat saya cukup terjangkau.,” ujarnya Kamis (06/03/2014).
 
Bibit dalam botol kecil harganya Rp 10 ribu, sedangkan botol besar Rp 20 ribu. Untuk baglog yang terbuat dari serbuk kayu, bisa dibeli seharga Rp 3.500. 
 
Irfan mengaku masih kewalahan untuk memenuhi permintaan pembuatan bibit dan baglog. Usaha yang dikerjakan bersama saudaranya baru bisa memenuhi pasar Panam. 
 
“Untuk yang di Panam saja sudah habis jamur segar, bibit, dan baglognya,” tambahnya.
Tapi ia masih membuka kesempatan untuk yang ingin mengembangkan budidaya jamur tiram. Bagi yang tertarik membudidayakan jamur tiram bisa hubungi Irfan di 085263019022. (riki)