Internasional

Serangan Israel ke Sekolah di Gaza Sabtu Pagi: 50 Orang Tewas

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pada Sabtu pagi, 18 November 2023, Pejabat Kementerian Kesehatan Gaza mengonfirmasi bahwa tentara Israel telah melakukan serangan terhadap sekolah Al-Fakhura di Gaza Utara. Akibatnya, setidaknya 50 orang dinyatakan tewas.

Berdasarkan laporan AFP, serangan Israel pada dini hari menewaskan sedikitnya 50 orang di sekolah Al-Fakhura, yang dikelola oleh PBB dan diubah menjadi tempat penampungan untuk para pengungsi Palestina.

Kabarnya, sekolah di kamp pengungsi Jabalia tersebut menampung ribuan pengungsi warga Palestina.

Pada serangan terpisah Israel pada hari Sabtu, bangunan lain di kamp Jabalia juga menjadi sasaran, menewaskan 32 orang dari keluarga yang sama, termasuk 19 anak-anak.

Kementerian merilis daftar 32 anggota keluarga Abu Habal yang dinyatakan meninggal dunia. Sayangnya, tentara Israel belum memberikan respons terkait serangan tersebut.

Pemerintah Hamas mencatat bahwa hingga Sabtu, 18 November 2023, serangan udara dan darat Israel tanpa henti telah menewaskan sekitar 12.000 orang, termasuk 5.000 anak-anak.

Data PBB menunjukkan sekitar 1,6 juta orang mengungsi di dalam Gaza akibat pertempuran selama enam minggu.

Terkait serangan Israel ke Rumah Sakit Al-Shifa, Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas menyatakan bahwa setidaknya 120 orang terluka, termasuk jumlah bayi prematur yang belum disebutkan.

Operasi militer di dalam rumah sakit tersebut dilakukan oleh Israel dengan klaim mencari pusat operasi Hamas yang, menurut mereka, berada di bawah kompleks RS yang luas.

Namun, tuduhan tersebut dibantah oleh Hamas.***