Kebanyakan Kanker “Hanya Nasib Buruk”

Senin, 05 Januari 2015 13:37
Kebanyakan Kanker “Hanya Nasib Buruk”

BERTUAHPOS.COM, WASHINGTON – Sebagian besar jenis kanker dapat digolongkan sebagai  faktor ketidak beruntungan, ungkap sebuah  penelitian.

Sebuah tim di Amerika Serikat mencoba untuk menjelaskan mengapa beberapa jaringan sel tubuh manusia sejuta kali lebih rentan terjangkit kanker daripada penyakit  yang lain. Hasil , dalam sebuah Jurnal Ilmiah, menunjukkan  bahwa dua pertiga dari jenis kanker dianalisis disebabkan oleh mutasi yang kebetulan. Namun sepertiga sisanya masih sangat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup kita.

Advertisement

Di AS, 6,9% orang mengembangkan kanker paru-paru, kanker otak 0,6% dan 0,00072% mendapatkan tumor pada laring (kotak suara) mereka tulang rawan di beberapa titik dalam hidup mereka. Racun dari asap rokok bisa menjelaskan mengapa kanker paru-paru lebih umum.

Cancer Research UK mengatakan bahwa walaupun memiliki gaya hidup yang sehat masih akan memicu peluang seseorang terkena kanker. Semua kanker memiliki unsur kesempatan -  sebuah gulungan dadu yang memutuskan apakah DNA Anda memiliki peluang mutasi yang mengakibatkan kanker.

Baca: Banjir di Kashmir Mulai Memakan Banyak Korban

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras, sewaktu di bawah sinar matahari atau kelebihan berat badan berarti kita bermain dengan dadu hanya dapat membuka peluang bagi penyakit tersebut untuk menghampiri kita. Ingatlah bahwa merokok merupakan seperlima faktor penyebab kanker dari semua kanker yang di seluruh dunia.

Temuan ini merupakan peringatan bahwa kanker sering datang sebagai nasib buruk dan satu-satunya pilihan adalah deteksi dini. Dengan mendeteksi atau memeriksakan diri lebih awal, kita dapat mengabil beberapa langkah yang tepat untuk meminimalisir resiko yang ada. (BBC)

Â