Yuk, Belajar Bertenun di Rumah Tenun Kampung Bandar

Jumat, 08 November 2019 09:16

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Rumah Tenun Kampung Bandar merpakan rumah tua khas Melayu yang berdiri sejak tahun 1887 di tepi Sungai Siak. Tepatnya di Jalan Perdagangan, Kampung Bandar,Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Saat ini Rumah Tenun Kampung Bandar menjadi sentra tenun di Kota Pekanbaru. Rumah Tenun Kampung Bandar juga menerima siapa saja yang berminat belajar bertenun.

“Untuk yang mau belajar bertenun bisa datang ke sini, kami sangat welcome kepada siapa saja yang mau belajar bertenun.”  Ungkap Wawa, Ketua Kelompok KSM Pucuk Rebung Kampung Bandar kepada Bertuahpos.com, Rabu 6 November 2019.

Dia berpendapat saat ini sangat sedikit minat masyarakat terutama anak muda yang ingin belajar budaya daerah sendiri seperti bertenun.

 “Belajar menenun minimal dua hingga tiga bulan dengan alat tenun bukan mesin baru bisa menghasilkan kain yang bagus, mungkin itu sebabnya banyak masyarakat khususnya remaja saat ini yang tidak menyukai proses yang lama tersebut untuk mendapatkan hasil.” Katanya.

Baca: Ingat, Air Isi Ulang Harus Dimasak Dulu

Wawa berharap kedepannya akan banyak anak muda kreatif yang bisa mengembangkan tenun menjadi suatu hal yang mewah dan bernilai tinggi.

“Anak muda sekarang tidak menyadari bahwa prospek untuk berbisnis tenun ini besar. Jika kita kreatif mengembangkannya bisnis tenun ini sangat menjanjikan.” Tutupnya. (Mg8)