Tips Berbelanja Hemat

Rabu, 17 April 2013 21:30

Siapa yang tidak suka belanja? Jika sudah berbelanja, rasanya tidak ngin berhenti. Waktu berjam-jam terasa hitungan menit. Tanpa terasa, uang yang Anda bawa pun sudah habis, belum lagi kartu kredit yang tidak berhenti Anda gesek. Lantas, bagaimana? Apakah Anda harus menghentikan hobi belanja Anda itu? Jawabannya adalah tidak. Berbelanja itu adalah sebuah kebutuhan, namun Anda hanya perlu mengetahui apa saja tips untuk berbelanja hemat :

1.       Membuat daftar belanja.
Jika Anda ingin pergi berbelanja, pastikan Anda terlebih dahulu mencatat daftar barang yang ingin Anda beli. Dengan membuat daftar, Anda tidak akan bingung memilih dan meingat barang yang ingin Anda beli serta untuk menghemat waktu belanja Anda.

2.       Disiplin terhadap daftar belanja.
Belanjakan barang-barang yang hanya berada di dalam daftar belanja Anda. Jika Anda teringat suatu barang yang ingin Anda beli secara mendadak, belilah jika hanya 1 atau 2 item, namun jangan keterusan. Disilin itu juga perlu diterapkan dalam berbelanja, lho.

3.       Belajarlah untuk tidak menjadikan keinginan sebagai dalih kebutuhan.
Keinginan manusia itu tidak ada habisnya. Terkadang, kita malah sulit membedakan mana yang merupakan keinginan dan mana yang merupakan kebutuhan. Sebelum berbelanja, Anda sebaiknya berpikir, apakah barang yang akan Anda beli itu benar-benar Anda butuhkan?

Baca: 7 Langkah Cerdas Menuju Branded Items Idaman

4.       Buatlah jadwal belanja rutin.
Anda bisa membuat jadwal belanja Anda, misalnya sebulan sekali. Dengan membuat jadwal belanja, Anda akan lebih terorganisir dan akan lebih mampu mengatur keuangan Anda, terutama untuk berbelanja.

5.       Cobalah untuk “mengerem” keinginan berbelanja di luar jadwal yang sudah ditentukan.
Jika Anda sudah membuat jadwal, seperti sebulan sekali, berkomitemenlah terhadap itu, kecuali jika Anda punya kebutuhan mendesak yang sudah tidak bisa ditunda lagi. Jadwal belanja dibuat dengan tujuan agar Anda lebih tersusun waktunya saat berbelanja. Maka dari itu, Anda harus berpikir dua kali untuk “melanggar” jadwal belanja yang telah Anda buat sendiri.

6.       Cobalah bandingkan harga-harga produk yang sama secara kompetitif.
Jika Anda hobi berbelanja, Anda juga tentu tahu harga-harga barang di pasaran. Cobalah untuk mengecek bukan hanya di satu tempat, tapi di beberapa tempat. Bisa jadi barang yang akan Anda beli bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah di tempat lain.

7.       Hati-hati dengan kartu kredit.
Berbelanja dengan kartu kredit memang sungguh indah rasanya. Anda tidak perlu mengeluarkan berlembar-lembar uang dan menghitungnya untuk membayar belanjaan Anda. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa fungsi kartu kredit adalah untuk memberikan rasa aman dengan tidak membawa uang tunai. Kartu kredit bukan sebagai alat untuk memudahkan Anda berhutang, jadi jangan mudah tergiur ya!

ADers, punya tips lain untuk berbelanja hemat?