Tips Belanja Cermat Saat Musim Diskon

Senin, 24 Juni 2013 12:53
Anda penggemar belanja diskon? Hati-hati, karena pesta diskon sering menguntungkan sekaligus merugikan bagi Anda.
 
Bila Anda cermat berbelanja diskon, maka Anda bisa melakukan penghematan seperti yang diharapkan.
 
Bagi yang ingin memanfaatkan momen pesta diskon untuk menambah isi lemari, maka perhatikan tips belanja berikut ini.
 
1. Survei lemari dan buat daftar belanja
Survei/periksa lemari Anda sebelum belanja, kalau perlu bongkar dan lihat baik-baik isi lemari Anda.
 
Anda mungkin menemukan barang yang belum pernah dipakai atau lupa kalau pernah membelinya.
 
Jangan sampai Anda malah membeli barang yang sebenarnya sudah Anda punyai. Survei lemari juga bisa membuat Anda membayangkan benda apa kira-kira yang cocok dipadu padan dengan koleksi yang sudah ada.
 
Jangan sampai membeli sesuatu yang belum tentu cocok dengan benda-benda yang sudah ada. 
 
Setelah itu buatlah daftar belanja. Sebisa mungkin tetaplah bertahan pada daftar tersebut.  Jika memungkinkan, cari tahu harga tersebut saat diskon atau harga di tempat pembelian lain seperti online shop. 
 
Saat ini kita juga dapat mengetahui jadwal-jadwal diskon dari Googling di Internet. Perhatikan momen-momen khusus yang menawarkan potongan harga lebih, misalnya diskon tengah malam.
 
Ikuti info-info terbaru dari butik/toko/mall incaran Anda melalui jejaring media sosial agar selalu mendapatkan kabar terbaru. 
 
2. Pilih momen yang tepat 
Jika akan berangkat belanja diskon, usahakan pergi saat awal jam buka ketika toko/mall/butik belum terlalu ramai. Toko/mall pada umumnya memiliki strategi waktu.
 
Setelah lebih dari 4 minggu, biasanya akan digelar potongan diskon tambahan. Sebaiknya tunggu momen ini untuk mendapatkan diskon lebih besar. 
 
3. Kenyamanan diri tetap penting
Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman, mudah dilepas dan tidak cepat membuat kaki pegal untuk kenyamanan Anda karena antrean pemburu diskon pasti akan sangat panjang.
 
Jangan sampai kenikmatan berburu diskon menjadi berkurang karena kaki Anda cepat pegal.
 
Untuk meredam nafsu belanja Anda, sebaiknya ajak pasangan atau teman karena pendapat mereka sering kali berharga dan bisa mengingatkan Anda jika sudah terlalu banyak memiliki barang serupa. 
 
4. Seleksi barang 
Sebelum membeli, sebaiknya Anda coba dulu barang tersebut. Periksalah dengan teliti, apakah resletingnya berfungsi baik, ada kancing yang copot, ada cacat, atau noda di sekitar barang tersebut. Sperti diketahui, beberapa barang bisa masuk kategori diskon karena sudah lewat musimnya, sedangkan beberapa barang  lain bisa jadi karena ada kerusakan atau cacat produksi. 
 
5. Yang boleh dibeli 
Pertimbangkan Anda berburu barang berkualitas dengan harga lebih murah karena barang-barang berkualitas biasanya lebih tahan lama.
 
Pilihlah barang dari merek ternama yang mungkin berat bagi Anda membelinya saat harga normal. Prioritaskan pilihan Anda untuk melihat-lihat ke bagian barang-barang yang sulit Anda beli tanpa diskon.
 
6. Hitung, hitung dan hitung 
Sebaiknya tentukan anggaran sebelum berburu diskon dan buatlah prioritas. Jangan sampai melebihi anggaran yang tersedia, dan kalau perlu lihat kembali prioritas dari poin 5.
 
Jika tetap sulit, potonglah dari anggaran lain yang kurang penting. 
 
Hitung kembali total biaya yang dikeluarkan untuk sebuah barang. Jika barang tersebut didiskon namun memerlukan biaya tambahan untuk perawatan atau perbaikannya, maka pertimbangkan kembali biaya total untuk barang tersebut. 
 
Pertimbangkan juga promosi tambahan yang bisa Anda dapatkan. Seringkali toko/mall/butik menggelar diskon khusus untuk kartu anggota, kartu kredit tertentu, atau diskon spesial pada hari dan jam tertentu.
 
Hal yang paling penting adalah selalu ingat bahwa kalau belanja di musim diskon adalah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, bukan kerugian. (puanmaura.blogspot.com)