Produk BM Jarang yang Tahan Lama

Rabu, 09 April 2014 14:37
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Murah dan tetap bergaya, itulah yang menjadi daya tarik produk elektronik atau pun gadget kategori black market (BM).
 
Seperti diakui Edo, seorang mahasiswa perguruan tinggi negeri di Pekanbaru ini. Edo biasanya membeli ponsel BM melalui situs belanja online atau media sosial. Selain kualitas yang tak jauh berbeda, harga yang ditawarkanpun lebih murah.
 
“Barang BM bisa lebih murah Rp 300ribu sampai Rp 500ribu,” ujarnya Rabu (09/04/2014).
 
Ia tidak khawatir terhadap barang elektronik yang tidak memiliki garansi penjualan. Karena ponsel BM juga menawarkan garansi, satu minggu lamanya.

Kondisi seperti inilah yang disesalkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru El Syabrina. Ia pun mengingatkan masyarakat agar waspada untuk membeli barang BM.


“Jangan gampang tergiur dengan harganya yang murah,” sebutnya. Tanpa adanya garansi nasional menyebabkan produk BM juga merugikan pihak konsumen bila terjadi kerusakan. Selain itu, produk BM jarang sekali yang tahan hingga bertahun-tahun. Risiko ini yang

harus ditanggung para konsumen yang tidak cermat atau hanya mementikan harga bukan kualitas. “Jadi beli barang BM jauh lebih banyak kerugiannya. Mungkin memang lebih murah Rp 200ribu sampai Rp 300ribu. Tapi tanpa ada purna jual atau garansi konsumen tidak bisa komplain bila terjadi suatu masalah,” urainya.
 
Untuk itu ia menghimbau konsumen mesti cerdas dalam membeli suatu produk, jangan asal beli barang yang murah. Lihat garansi serta petunjuk manual pemakaiannya. (riki)