Empat Cara Hindari Banyak Jajan Saat Mudik

Senin, 21 Juli 2014 13:19

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Perjalanan mudik memang melelahkan dan karena itu, banyak pemudik yang menghabiskan banyak uang untuk jajan makanan saat di jalan. Pengeluaran pun akan semakin besar bagi mereka yang mudik bersama anak-anak.

Padahal, ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran jajan dan makan pas mudik. Cara-cara ini bukan saja sehat bagi kantong, tetapi juga bagi tubuh. Apa saja cara-cara ini?

1. Jangan berhenti terus di mini-market, dan bawalah buah-buahan sendiri

Pemudik suka berhenti di mini-market untuk membeli snack. Namun, berbelanja snack di mini-market bisa menjadi pemborosan karena harga snack yang relatif mahal dan karena biasanya, Anda ujung-ujungnya membeli barang-barang lain selain yang Anda inginkan.

Baca: Metode Merawat Jeans Agar Tetap Awet

Sebagai pengganti snack berbumbu, bawalah buah-buah segar seperti pisang atau apel yang lebih mengenyangkan sekaligus menyehatkan. Anda juga bisa membawa agar-agar yang Anda buat sendiri.

2. Bawa termos atau ice-box sendiri

Selain membeli snack, pemudik kerap berhenti di mini-market, atau rumah makan untuk membeli kopi panas atau es teh. Sebetulnya, Anda bisa membawa termos berisi air panas yang bisa digunakan untuk menyeduh kopi instan atau teh celup saat di perjalanan.

Selain itu, Anda bisa membawa ice-box kecil berisi es batu supaya Anda dan keluarga tidak usah berhenti di mini-market atau warung untuk membeli minuman dingin. Jika Anda tidak punya ice-box, cukup bekukan air di dalam botol air. Lalu, bungkus botol air dengan handuk kecil sebelum berangkat mudik.

3. Hindari makan di restoran siap saji

Harga makanan di restoran siap saji biasanya lebih mahal dibanding restoran tradisional. Jadi, jika Anda ingin makan, pilihlah restoran keluarga dan pilihlah makanan yang porsinya bisa dibagi-bagi antara keluarga, seperti tumis kangkung.

Jika Anda ingin lebih hemat lagi, bawalah bekal makanan yang tidak mudah rusak. Anda bisa membawa abon atau teri kering yang bisa Anda santap dengan nasi, atau sereal instan yang Anda bisa seduh dengan air panas dalam termos Anda.

4. Bawa tempat makanan atau botol minuman ekstra

Selain tempat makanan dan botol minuman yang terisi, bawalah tempat makanan dan botol candangan. Cadangan ini berguna jika Anda tidak bisa menghabiskan makanan yang Anda pesan di restoran. Anda bisa menyimpan makanan lebih di wadah Anda sendiri, yang tentunya, lebih tahan tumpah dibanding kertas atau styrofoam yang dipakai oleh restoran.

Tidak susah bukan untuk menghemat uang untuk jajanan dan makanan saat perjalanan mudik. Uang yang Anda hemat pun bisa disimpan atau dialihkan untuk pengeluaran lain, seperti bensin dan tol. (Viva)