Apa Saja Manfaat Single Investor Identification (SID)

Sabtu, 13 Juni 2020 10:13
Apa Saja Manfaat Single Investor Identification (SID)
SID

BERTUAHPOS.COM – Sebagaimana diketahui, pemberlakuan Single Investor Identification (SID)dalam bidang investasi tentu didasarkan atas asas manfaat. Tidak hanya bagi investor tetapi juga pemerintah selaku pemegang otoritas dalam menentukan regulasi pasar modal.

Lalu apa saja manfaatnya, berikut diantara beberapa manfaat dari Single Investor Identification atau SID?

Advertisement

Menunjang pengembangan infrastruktur pasar modal yang terintegrasi.
Mempermudah proses identifikasi, pengawasan, dan akses data beragam kepemilikan jenis investasi efek secara terkonsolidasi dan transparan. Pada prinsipnya Single Investor Identification (SID) bekerja seperti e-KTP, di mana data seluruh investor yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia terintegrasi secara nasional.

Artinya, melalui Single Investor Identification (SID) investor dapat dengan mudah mengakses dan mengecek portofolio secara menyeluruh meski modalnya tertanam pada beberapa jenis investasi yang berbeda atau beberapa sekuritas yang berbeda.

Baca: Sandiaga Uno: Saatnya Berinvestasi !

“Sebagai nomor identitas tunggal investor yang memungkinkan investor mengakses seluruh aktivitas di pasar modal Indonesia, mulai dari transaksi hingga penyelesaiannya,” jelas Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Riau Emon Sulaeman kepada BertuahPos.com

Kemudahan akses ke seluruh aktivitas di pasar modal sekaligus memberikan kemudahan bagi investor dalam mengawasi dan memantau aset kekayaannya secara online hanya dengan mengakses portal yang dikelola PT. KSEI yang beralamat di https://investor.ksei.co.id.

Single Investor Identification menjadi syarat utama dan bersifat mutlak bagi investor yang ingin bertransaksi saham baik jual maupun beli. Tanpa SID, order transaksi yang dilakukan oleh investor tidak akan bisa masuk dalam sistem perdagangan saham.

SID juga terintegrasi dengan perbankan sehingga memungkinkan investor untuk melakukan pengecekan kekayaan melalui bank yang menyediakan jasa Rekening Dana Investor (RDI).

“Benar, di BCA saya, muncul rekening ekek. Sangat membantu. Tentunya dengan pengintegrasian ini mendorong perbankan untuk menambah fasilitas pengecekan nilai saham melalui ATM atau internet banking,” tukas Romi Juniandra, investor millenia.(*)