Angka Pertumbuhan Kredit di Riau Turun, Apakah Karena COVID-19?

Selasa, 16 Juni 2020 10:22
Angka Pertumbuhan Kredit di Riau Turun, Apakah Karena COVID-19?

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU¬†— Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau memastikan kondisi kredit perbankan di Riau masih tergolong stabil walau terjadi penurunan angka kredit tahun 2020, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Ketua OJK Riau Yusri mengungkapkan, hal ini sedikit banyaknya pasti dipengaruhi oleh wabah COVID-19 yang kini tengah melanda Tanah Air, khususnya di Riau.

Advertisement

“Meski demikian kami melihat angka pertumbuhan kredit di Riau masih berjalan dengan baik dan normal,” kata Yusri, Selasa, 16 Juni 2020.

Dia membeberkan, kondisi kredit perbankan di Riau berada pada angka pertumbuhan 4,39% (yoy). Pada periode sama di tahun sebelumnya pertumbuhan kredit perbankan pada angka 6,62%. “Memang ada penurunan,” kata Yusri.

Baca: Asal Usul Kota Pekanbaru, versi Cerita Rakyat Puteri Kaca Mayang

Secara nasional, pertumbuhan angka kredit ditergetkan pada tahun ini berada pada angka 11% hingga 13%. Namun, kata Yusri, diperkirakan pertumbuhan angka kredit di Riau maksimal menyentuh angka 8% dalam kondisi normal.

Namun wabah corona yang melanda, kata Yusri pasti akan berdampak pada perekonomian masyarakat, sehingga kemungkinan pelaku usaha dan warga lebih banyak menahan diri untuk mengajukan kredit di tengah kondisi seperti ini.

Selain itu perbankan tentunya akan lebih selektif dengan dengan meningkatkan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit.  Diperkirakan pertumbuhan angka kredit perbankan pada tahun ini lebih rendah dari capaian pertumbuhan kredit pada tahun lalu.

“Tapi secara umum kondisinya masih bagus, dan tak ada yang perlu dikhawatirkan,” jelas Yusri.¬†(bpc3)