Edukasi

Kepsek SMAN 5 Pekanbaru Masuk Nominasi Anugerah KPAI Pusat 2023

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Sekolah atau Kepsek SMAN 5 Kota Pekanbaru Hj Elmi Gurita MPd masuk dalam nominator penerima Anugerah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Pusat Tahun 2023.

Elmi Gurita masuk dalam nominasi itu setelah diusulkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau beberapa waktu lalu.

Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau Hj Fariza SH MH mengungkapkan, Elmi masuk nominasi untuk kategori Non Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan Perlindungan Anak (SIMEP PA).

Anugerah ini diberikan kepada Tokoh Inspiratif Peduli Anak, Tokoh Anak inspiratif peduli anak, Lembaga Masyarakat Peduli Anak, Forum Anak Daerah Peduli Anak dan lainnya.

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi kami, ternyata Buk Elmi ini sangat layak diusulkan sebagai nominator penerima Anugerah KPAI Tahun ini untuk kategori Non SIMEP. Karena sebagai Kepala Sekolah dia sangat kreatif dan inovatif,” kata Fariza, Jumat, 23 Juni 2023.

Dia menyebut, Elmi sebagai Kepsek SMAN 5 Pekanbaru terbilang peduli terhadap anak didik melalui kebijakan-kebijakan yang ia terapkan. Hal itu terbukti dari program dan kegiatan proses belajar mengajar yang mengedepankan prinsip kepedulian terhadap kodrat anak.

Sebagai tenaga pendidik, kata Fariza, Elmi juga banyak mendapatkan penghargaan dan prestasi, baik tingkat provinsi maupun nasional. “Kami pun mengusulkan Ibu Elmi menjadi salah satu nominator,” ungkapnya.

Fariza berharap, Elmi benar-benar mendapatkan penghargaan KPAI Pusat tahun ini. Rencananya, acara Puncak Anugerah KPAI 2023 ini akan diselenggarakan jelang peringatan Hari Anak Nasional pada, 20 Juli 2023 mendatang di Jakarta.

Sementara Kepsek SMAN 5 Kota Pekanbaru Hj Elmi Gurita membenarkan jika termasuk salah satu nominator penerima Anugerah KPAI Pusat 2023. Dia juga telah mengirimkan semua berkas administrasi untuk kelengkapan persyaratan kepada Dewan Juri Anugerah KPAI Pusat.

Alhamdulillah, kami diusulkan oleh Dinas P3AP2KB Provinsi Riau masuk sebagai nominator Anugerah KPAI Tahun 2023 ini, untuk Kategori Non SIMEP. Semoga bisa mengharumkan nama Dinas dan Provinsi kita,” harap Elmi.

Elmi mengakui, dalam keseharian menggeluti proses belajar mengajar di sekolah, pihaknya mengedepankan rasa cinta kepada anak didik. Pihaknya selalu peduli dan melayani dengan sepenuh hati.

“Anak itu harus kita hargai sesuai kodratnya. Kalau anak didik ada yang berbuat kesalahan, kami guru-guru tidak langsung memberikannya sanksi,” ungkapnya.

Apabila ada anak yang melakukan kesalahan, pihaknya akan memberikan bimbingan terlebih dahulu. Sehingga, anak mampu memahami dan mengerti akan kesalahan yang dilakukannya.

“Selain itu yang terpenting, kami selalu tetap ramah kepada anak-anak. Hargailah kodratnya, karena dengan itu kita bisa memahami anak,” papar wanita yang banyak meraih penghargaan ini.

Beberapa penghargaan atau tanda jasa yang telah diraih Elmi diantaranya, Satya Lencana Pengabdian XX tahun dari Presiden RI Tahun 2019, Tim Pengembang Kelas Kominfo Dumai Tahun 2020 dari Wali Kota Dumai, Tim Pengembang Kelas Kominfo Pelalawan Tahun 2020 dari Bupati Pelalawan.

Selanjutnya, Kepala Sekolah Penggerak Komunikasi dan Informasi Generasi Muda Riau Tahun 2021 dari Dinas Kominfotik Provinsi Riau, Kepala Sekolah Penggerak Literasi Kepemudaan dan Olahraga Tahun 2021 dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau.

Lalu, Kepala Sekolah Penggerak Literasi Kepariwisataan 2021 dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Pemenang I Pemilihan Kepala sekolah Berprestasi & Berdedikasi Tingkat Kota Pekanbaru Tahun 2021 Ketua MKKS SMA Se-Kota Pekanbaru.

Kemudian, Kepala Sekolah Penggiat Informasi Pendidikan Generasi Muda Riau 2021 dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kepala Sekolah Penggiat Literasi Generasi Muda Riau 2021 dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau.

Lalu, Juara I Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2021 dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan Juara I PNS Berprestasi Kategori Jabatan Fungsional Tertentu di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2021 dari Gubernur Riau H Syamsuar.

Selanjutnya selama menjabat sebagai Kepsek, banyak penghargaan dan prestasi yang diraih SMAN 5 Kota Pekanbaru. Diantaranya, Juara 1 Lomba UKS Tingkat Provinsi Tahun 2021 dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Lalu, Sekolah penggerak Literasi Kepemudaan dan Olahraga 2021 dari Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Riau, Sekolah Penggerak Literasi Kepariwisataan 2021 dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Selanjutnya, SMAN 5 juga pernah meraih Juara Harapan II Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Nasional 2021 dari Perpusnas RI, Juara I Sekolah Paling Kreatif Festival Pelajar Nusantara 2022 dari LPP RRI Pekanbaru, Sekolah Adiwiyata Mandiri 2022 dari Menteri LHK RI dan Mendikbud Ristek RI.

Selanjutnya, Akreditasi Sekolah 2022 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah /Madrasah, Penyelenggara Kegiatan Gaya Hidup Gen Plus Party Kota Pekanbaru 2023 dari Badan POM Kota Pekanbaru.

Lalu, Sekolah Penggerak Remaja Peduli Stunting Provinsi Riau Tahun 2023 dari BKKBN Riau, Penyelenggara Event Inovatif Riau Edu Expo 2023 Konser Sekolah Penggerak Remaja Peduli Stunting dan Sekolah Penggerak Peduli Pangan Aman Tahun 2023 dari Diskominfo Provinsi Riau.*** (Rilis)