Content – BertuahPos https://bertuahpos.com Portal Berita dan Bisnis Sun, 27 Sep 2020 11:05:42 +0000 id-ID hourly 1 https://bertuahpos.com/wp-content/uploads/2019/11/FAVICON-80x80.png Content – BertuahPos https://bertuahpos.com 32 32 Buntut Kebijakan Tembak Mati Cegah Corona, Kim Jong-un: Saya Sangat Menyesal https://bertuahpos.com/international/buntut-kebijakan-tembak-mati-cegah-corona-kim-jong-un-saya-sangat-menyesal.html https://bertuahpos.com/international/buntut-kebijakan-tembak-mati-cegah-corona-kim-jong-un-saya-sangat-menyesal.html#respond Sun, 27 Sep 2020 11:05:42 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134969 #KORUT

The post Buntut Kebijakan Tembak Mati Cegah Corona, Kim Jong-un: Saya Sangat Menyesal appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM --- Petinggi Korea Utara Kim Jang-un mengaku sangat menyesal dan menyatakan permohonan maaf secara terbuka kepada Pemerintah Korea Selatan.

Permintaan maaf yang diutarakan Kim Jong-un merupakan buntut dari kebijakan menembak mati setiap orang yang melintas di perbatasan, dalam rangka menekan penyebaran virus corona di negaranya.

Korea Selatan mengatakan pria berusia 47 tahun tersebut diduga mencoba membelot ke Korea Utara ketika dia ditemukan oleh tentara yang sedang berpatroli di perairan Korut. Dia lalu ditembak mati dan tubuhnya dibakar.

Mengutip BBC Indonesia, Kim dilaporkan telah mengatakan kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bahwa insiden itu seharusnya tidak terjadi.

Menurut kantor Kepresidenan Korea Selatan, permintaan maaf Kim Jong-un datang dalam bentuk surat yang dikirim ke Presiden Moon. Dia mengakui hal itu seharusnya tidak terjadi.

"Sangat menyesal telah mengecewakan"Moon dan warga Korea Selatan," kata Kim Jong-un seperti diungkapkan Gedung Biru, Kepresidenan Korea Selatan. Korut juga membeberkan hasil investigasinya atas kejadian ini kepada Korsel.

Menurut direktur keamanan nasional Korea Selatan Suh Hoon, pria tersebut ditembak lebih dari sepuluh kali setelah dia memasuki perairan Korea Utara dan tidak memberitahukan identitasnya serta mencoba kabur.

Korut mengklaim mereka bukan membakar tubuh pria tersebut, melainkan "materi yang mengapung di air" yang dipakainya menyeberang.

"Tentara Korut tidak bisa melacak pelanggar yang tidak teridentifikasi tersebut selama pencarian setelah mereka menembaknya, dan mereka membakar peralatan yang mengapung tersebut sesuai aturan darurat pencegahan penyebaran penyakit," kata Suh, merujuk pada surat yang dikirim Korut, dalam konferensi pers. (bpc2)

The post Buntut Kebijakan Tembak Mati Cegah Corona, Kim Jong-un: Saya Sangat Menyesal appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/international/buntut-kebijakan-tembak-mati-cegah-corona-kim-jong-un-saya-sangat-menyesal.html/feed 0
BLT Pada Masa Khalifah Umar bin Khattab https://bertuahpos.com/islampedia/blt-pada-masa-khalifah-umar-bin-khattab.html https://bertuahpos.com/islampedia/blt-pada-masa-khalifah-umar-bin-khattab.html#respond Sun, 27 Sep 2020 10:06:22 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134966 #UMAR

The post BLT Pada Masa Khalifah Umar bin Khattab appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU - Sejarawan barat, Philip K Hitti dalam bukunya History of The Arabs menuliskan Islam dibawah kepemimpinan Umar bin Khattab (642–644 M) memiliki kebijakan menyalurkan sisa kas negara kepada kaum muslimin. Hal ini agak mirip dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Negara Islam saat itu memiliki beberapa sumber pemasukan, seperti pajak tanah, pajak kepala, dan juga pungutan daerah taklukan.

Semua pemasukan tersebut disimpan di perbendaharaan negara. Dana tersebut kemudian digunakan untuk pengeluaran rutin administrasi negara, serta membiayai angkatan perang.

Setelah administrasi negara dan biaya perang terpenuhi, sisa dana tersebut kemudian dibagi-bagikan ke orang-orang Islam. Itulah mengapa sensus harus dilakukan.

“Sensus itu merupakan sensus pertama yang tercatat dalam sejarah yang dilakukan untuk menyalurkan pendapatan negara,” tulis Philip.

Aisyah isteri Rasulullah SAW menjadi urutan teratas dalam sensus tersebut, yang menerima dana pensiun. Aisyah mendapatkan 12.000 dirham per tahun.

Setelah Aisyah, ada ahlul bait (keluarga nabi), diikuti kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Terakhir, ada prajurit Islam, yang mendapatkan 500 hingga 600 dirham.

Perempuan dan anak-anak juga mendapatkan dana santunan, yang besarnya antara 200 hingga 600 dirham. (bpc4)

The post BLT Pada Masa Khalifah Umar bin Khattab appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/islampedia/blt-pada-masa-khalifah-umar-bin-khattab.html/feed 0 BPC4
Lawan Manchester City, Brendan Rogers Targetkan Kemenangan https://bertuahpos.com/olahraga/lawan-manchester-city-brendan-rogers-targetkan-kemenangan.html https://bertuahpos.com/olahraga/lawan-manchester-city-brendan-rogers-targetkan-kemenangan.html#respond Sun, 27 Sep 2020 09:02:51 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134958 #LIGAINGGRIS

The post Lawan Manchester City, Brendan Rogers Targetkan Kemenangan appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU - Pelatih Leicester City, Brendan Rodgers menargetkan kemenangan saat bertandang ke kandang Manchester City, Minggu 27 September 2020 nanti malam.

Namun, Rodgers menyadari target kemenangan dan membawa pulang tiga poin bukanlah pekerjaan mudah. Kemenangan The Foxes di Etihad terakhir terjadi pada Februari 2016, empat tahun yang lalu.

"Tentu saja akan bagus jika kami mendapatkan kemenangan," ujar Rodgers di laman resmi klub Leicester.

Ditambahkan Rodgers, Manchester City adalah lawan yang sangat kuat. Kombinasi Pep Guardiola dan kedalaman skuat membuat tim ini sangat sulit dikalahkan.

"Mereka selalu sulit untuk dilawan. Pemain kelas dunia, pelatih kelas dunia, itu kombinadi yang sulit dilawan," pungkas dia. (bpc4)

The post Lawan Manchester City, Brendan Rogers Targetkan Kemenangan appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/olahraga/lawan-manchester-city-brendan-rogers-targetkan-kemenangan.html/feed 0 BPC4
Kondisi Perbankan Syariah Diklaim Lebih Baik di Tengah Pandemi https://bertuahpos.com/finance/kondisi-perbankan-syariah-diklaim-lebih-baik-di-tengah-pandemi.html https://bertuahpos.com/finance/kondisi-perbankan-syariah-diklaim-lebih-baik-di-tengah-pandemi.html#respond Sun, 27 Sep 2020 08:59:02 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134962 #BANK

The post Kondisi Perbankan Syariah Diklaim Lebih Baik di Tengah Pandemi appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU --- Kondisi perbankan syariah diklaim lebih baik jika dibandingkan dengan bank umum. Pandangan ini diutarakan oleh Ekonom dan Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan 2015-2020, Fauzi Ichsan. Dia menanggap perbankan syariah lebih siap bertahan di tengah pandemi.

"Perbankan syariah punya tantangan dan kelebihan tersendiri jika dihadapkan pada kondisi seperti saat ini. Data-data dan kondisi saat ini menunjukkan bahwa industri perbankan syariah memang memiliki kemampuan bertahan dari segala dampak negatif yang timbul akibat pandemi," katanya seperti dikutip dari republika.co.id, Minggu, 27 September 2020.

Fauzi menjelaskan, jika dilihat dari sisi pembiayaan, perbankan syariah tumbuh lebih pesat dibanding pertumbuhan kredit perbankan umum. Kondisi ini disupport tingginya pertumbuhan dana pihak ketiga tinggi.

Kredit bank konvensional tumbuh 1,04% per Juli 2020, sementara pembiayaan bank syariah tumbuh 10,23%. Sementara DPK tumbuh 8,78% untuk bank syariah dan 8,44 % untuk bank konvensional.

Dia menjelaskan, Dengan keterpurukan sektor finansial global, perbankan syariah dianggap masih resilient. Sebab perbankan syariah relatif muda usianya di Indonesia, beberapa bank sudah mengembangkan layanan digital lebih baik dan robust daripada bank konvensional.

Meski demikian, dia mengatakan memang tidak semua bank syariah memiliki rasio keuangan yang sama. Walau adanya pandemi, rasio kecukupan modal (CAR) bank syariah tetap tinggi di kisaran 20-22 persen dan hampir merata antara bank syariah Buku I, II, dan III.

Namun demikian, ROA dan NOM bank syariah Buku I dan II tercatat masih rendah di bawah satu persen. Sementara ROA dan NOM bank syariah Buku III di kisaran dua persen. Bank Buku II dan I menghadapi tingginya biaya DPK karena nasabah memilih memindahkan dana ke bank lebih besar.

Efisiensi atau BOPO bank syariah Buku I dan II juga tinggi di atas 90 persen dibanding BOPO bank syariah Buku III yakni sekitar 81 persen. Nilainya cukup bersaing bahkan lebih efisien dibanding bank konvensional. (bpc2)

The post Kondisi Perbankan Syariah Diklaim Lebih Baik di Tengah Pandemi appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/finance/kondisi-perbankan-syariah-diklaim-lebih-baik-di-tengah-pandemi.html/feed 0
Transparansi Anggaran Covid-19 Dipertanyakan, Pemprov Riau Diminta Buka Informasi Sedetil Mungkin https://bertuahpos.com/finance/transparansi-anggaran-covid-19-dipertanyakan-pemprov-riau-diminta-buka-informasi-sedetil-mungkin.html https://bertuahpos.com/finance/transparansi-anggaran-covid-19-dipertanyakan-pemprov-riau-diminta-buka-informasi-sedetil-mungkin.html#respond Sun, 27 Sep 2020 07:38:31 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134945 #CORONA

The post Transparansi Anggaran Covid-19 Dipertanyakan, Pemprov Riau Diminta Buka Informasi Sedetil Mungkin appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU --- Soal transparansi anggaran Covid-19 Riau dipertanyakan. Pemprov Riau diminta membuka data secara detil segala informasi dalam penanganan wabah corona kepada publik. Termasuk informasi mengenai alokasi anggaran yang sebelumnya sudah dialokasikan dari refokusing dan realokasi APBD Riau 2020.

“Kalau kita mengacu Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, sudah seharusnya pemerintah daerah menyampaikan seluruh informasi secara detail kepada masyarakat terkait dengan program dan anggaran penanganan Covid-19,” kata Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau.

Menurut Triono, transparansi yang dimaksud --- jika merujuk pada Undang-Undang tersebut --- mulai dari proses perencanaan sampai tahap realisasinya. Pemerintah Provinsi Riau, menurut dia perlu mengembangkan dashboard atau menu khusus anggaran penanganan Covid-19 di website resmi Pemda. 

“Menyampaikan informasi kepada media massa tidaklah cukup, karena informasinya terlalu umum dan tidak jelas. Oleh sebab itu perlu ada platform khusus yang memuat informasi secara detail dan bisa diakses oleh publik secara luas,” kata Triono saat dihubungi bertuahpos.com, Minggu, 27 September 2020 di Pekanbaru.

Dia menambahkan, mempublikasikan informasi anggaran adalah kewajiban dan harus dilakukan pemerintah daerah. Dengan membuka informasi, memberikan kemudahan kepada seluruh elemen publik untuk pengawasan, sehingga publik percaya bahwa pemerintah memang serius dalam penanganan wabah corona.

“Kita semua tahu bahwa pandemi ini tidak dapat diprediksi kapan akan berakhir. Data menunjukkan peningkatan dan penyebarannya kasus semakin menggeliat,” ungkapnya.

Sementara, dijelaskannya, dari kesiapan dan langkah-langkah apa yang akan diambil oleh pemerintah daerah untuk penanganan --- dari sisi kebijakan, program dan anggaran --- sama sekali belum terlihat.

Peningkatan penyebaran Covid-19 ini dapat dipastikan akan berdampak terhadap kesiapan fasilitas dan sarana untuk  menangani baik pada aspek kesehatan, dan juga penanganan pada aspek sosial dan ekonomi.

Menurut Triono, perubahan APBD tahun 2020 dan Rancangan APBD tahun 2021 dianggap momentum tepat untuk digunakan memastikan kesiapan daerah ke depan dalam menghadapi pandemi. 

Dia menganggap pemerintah daerah masih sangat perlu untuk memfokuskan kebijakan program dan anggaran untuk penanganan Covid-19 di berbagai aspek pada tahun 2021. “Dengan kata lain, pemerintah tidak boleh pelit untuk mengalokasikan anggaran Covid-19, tentu saja dengan merumuskan strategi dan arah kebijakan yang jelas dan terukur,” jelasnya. (bpc2)

The post Transparansi Anggaran Covid-19 Dipertanyakan, Pemprov Riau Diminta Buka Informasi Sedetil Mungkin appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/finance/transparansi-anggaran-covid-19-dipertanyakan-pemprov-riau-diminta-buka-informasi-sedetil-mungkin.html/feed 0
Respon OJK Riau Soal Tol Pekanbaru-Dumai: Semua Aspek Akan Bergerak https://bertuahpos.com/business/respon-ojk-riau-soal-tol-pekanbaru-dumai-semua-aspek-akan-bergerak.html https://bertuahpos.com/business/respon-ojk-riau-soal-tol-pekanbaru-dumai-semua-aspek-akan-bergerak.html#respond Sun, 27 Sep 2020 07:04:00 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134943 #TOL

The post Respon OJK Riau Soal Tol Pekanbaru-Dumai: Semua Aspek Akan Bergerak appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU --- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai hampir semua aspek akan berdampak terhadap keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai. Terutama sektor-sektor penggerak perekonomian daerah.

Kepala OJK Riau Yusri mengatakan, keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai diyakini akan memberikan dorongan signifikan terhadap perbaikan ekonomi. 

“Semua aspek akan berdampak. Kami meyakini ekonomi daerah-daerah yang terhubung dengan tol akan menggeliat,” ungkapnya kepada bertuahpos.com, Minggu, 27 September 2020 di Pekanbaru.

Menurut Yusri, selain Pekanbaru, daerah yang akan merasakan dampak langsung terhadap keberadaan jalur bebas hambatan ini adalah Dumai, dimana daerah itu, selama ini telah menjadi menjadi daerah pelabuhan dengan mobilitas tinggi, terhadap kegiatan industri.

Dampak paling dirasakan tentu saja mengenai durasi jarak tempuh yang biasa ditempuh 4-5 jam, dengan tol normalnya dari Pekanbaru ke Dumai hanya bisa ditempuh dengan 2 jam.

“Hal ini sangat memungkinkan bagi masyarakat untuk melakukan mobilitas dari Pekanbaru ke Dumai bisa dilakukan setiap saat tanpa ada hambatan berarti,” jelasnya.

Adapun beberapa sektor penunjang bangkitnya perekonomian daerah, yakni kepariwisataan, perdagangan dan jasa, perkebunan, distribusi hasil pertanian akan menjadi lebih cepat dan dengan sendirinya dalam waktu dekat akan bangkit. Hal ini lah yang selama ini dibutuhkan Riau.

Sekedar informasi, Tol Pekanbaru-Dumai sudah diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 25 September 2020 lalu. 

Warga di Riau sudah bisa menikmati tol mulai pada Sabtu, 26 September 2020 secara gratis. Namun tetap haru memiliki e-money untuk membuka pintu tol. 

Pihak pengelola Tol Pekanbaru-Dumai dalam hal ini PT Hutama Karya memastikan, fasilitas tol bisa dimanfaatkan secara gratis hingga SK penetapan tarif tol dari Kementerian PUPR keluar. (bpc2)

The post Respon OJK Riau Soal Tol Pekanbaru-Dumai: Semua Aspek Akan Bergerak appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/business/respon-ojk-riau-soal-tol-pekanbaru-dumai-semua-aspek-akan-bergerak.html/feed 0
Malang Dihebohkan dengan Fenomena Matahari Cincin Pelangi, Ini Penjelasan Ahli https://bertuahpos.com/teknologi/malang-dihebohkan-dengan-fenomena-matahari-cincin-pelangi-ini-penjelasan-ahli.html https://bertuahpos.com/teknologi/malang-dihebohkan-dengan-fenomena-matahari-cincin-pelangi-ini-penjelasan-ahli.html#respond Sun, 27 Sep 2020 06:38:17 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134940 #FENOMENA

The post Malang Dihebohkan dengan Fenomena Matahari Cincin Pelangi, Ini Penjelasan Ahli appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM --- Fenomena matahari cincin pelangi, disebut juga dengan Halo. Hari ini, Minggu, 27 September 2020, fenomena itu telah membuat warga di Malang heboh dan takjub. Ini salah satu fenomena langka dan sangat jarang terjadi.

Penampakan matahari bercincin di Malang Raya itu juga dapat disaksikan dari wilayah Kabupaten Pasuruan pada saat yang bersamaan.

Fenomena Halo merupakan fenomena matahari yang dikelilingi pelangi sehingga membentuk seperti cincin, hal itu disebabkan oleh pembiasan sinar matahari oleh awan tinggi.

Menurut Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika LAPAN Thomas Djamaluddin yang pernah dimuat pada Tempo, fenomena halo disebabkan oleh kristal es di awan Cirrus yang membiaskan cahaya matahari seperti prisma. 

Cahaya yang terurai membentuk lingkaran berwarna sehingga terlihat seperti pelangi yang melingkari matahari. Cukup tingginya awan cirrus ini sehingga membentuk partikel yang sangat dingin dan biasanya berwujud kristal es. 

Awan cirrus yang sangat dingin inilah yang membiaskan cahaya matahari sehingga membentuk seperti cincin yang melingkari matahari.

BMKG dalam situs resminya juga pernah menuliskan tentang Halo pada pada September 2018 lalu. Mereka menjelaskan hal ini merupakan fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dikarenakan ada pembiasan sinar matahari oleh awan lapisan tinggi. 

Awan yang membiaskan sinar matahari itu biasa disebut awan tipis cirrus yang berada pada ketinggian sekitar 6.000 meter dari permukaan bumi. (bpc2)

The post Malang Dihebohkan dengan Fenomena Matahari Cincin Pelangi, Ini Penjelasan Ahli appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/teknologi/malang-dihebohkan-dengan-fenomena-matahari-cincin-pelangi-ini-penjelasan-ahli.html/feed 0 BPC2
Begini Cara Mudah Mengelola Uang Bulanan Ala Anak Kos https://bertuahpos.com/finance/begini-cara-mudah-mengelola-uang-bulanan-ala-anak-kos.html https://bertuahpos.com/finance/begini-cara-mudah-mengelola-uang-bulanan-ala-anak-kos.html#respond Sun, 27 Sep 2020 06:22:51 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134938 #KEUANGAN

The post Begini Cara Mudah Mengelola Uang Bulanan Ala Anak Kos appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU --- Bagi anak kos, kemampuan mengatur uang bulanan memang harus dimiliki untuk bertahan di tanah perantauan. Sebenarnya, saat menjadi anak kos, merupakan momentum yang tepat untuk belajar mengatur keuangan pribadi.

Apalagi jika belum punya penghasilan sendiri dan masih mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Walaupun uang bulannya yang diterima banyak, jika tak pandai mengatur keuangan, maka seberapapun yang diberi tetap tidak akan cukup untuk bulanan.

Mungkin wajar jika pemborosan terjadi di bulan-bulan pertama karena kita masih menyesuaikan biaya hidup di tanah perantauan. Akan tetapi, jika hal ini terus terjadi di setiap bulannya maka kamu akan mengalami kesulitan uang setiap akhir bulan. 

Nah, berikut ini cara mengelola uang bulanan ala anak kos, agar kamu tidak kebingungan setiap bulannya.

Buat Rancangan Anggaran Keuangan

Setiap mendapat kiriman uang dari orang tua segeralah membuat rancangan anggaran selama sebulan. Catat pengeluaran rutin, seperti biaya sewa kos, makan, transportasi, kuota internet, serta biaya untuk perlengkapan kuliah atau sekolah. Sesuaikan anggaran dengan budget yang dimiliki, dan utamakan kebutuhan daripada keinginan.

Lakukan Belanja Bulanan Sesuai dengan Catatan

Belanja secara menyicil atau sedikit demi sedikit mungkin memang lebih ringan, tapi tanpa disadari ada pembelanjaan tambahan yang tidak terlalu dibutuhkan. Misalnya, niat awal ingin membeli sabun, tapi karena melihat es krim kita jadi tergoda ingin membelinya. Nah, karena itulah lebih baik belanja kebutuhan sekaligus dalam satu waktu karena kita hanya akan terfokus dengan barang kebutuhan yang diperlukan saja.

Memasak dan Bawalah Bekal Makanan dna Minuman Sendiri

Memasak dan membawa bekal makan sendiri bisa menghemat pengeluaran hingga 50%, dibandingkan membeli makanan di luar. Selain hemat ini juga bisa melatih kemampuan memasak, jika jadwal  penuh hingga membuatmu tidak sempat memasak, setidaknya bawalah nasimu sendiri.

Selain itu, bawalah minum sendiri dari rumah. Hal ini juga salah satu kiat menghemat uang belanja, jika membawa minuman sendiri kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli minum.

Hanya Sediakan Uang Pas di Dalam Dompet

Dengan membawa uang seperlunya, otomatis kamu hanya akan membeli hal yang diperlukan saja, dan cara ini bisa membantu membatasi pengeluaran secara efektif

Jangan Laundry Cuci Pakaian Sendiri

Kunci dari cara menghemat uang ala anak kos adalah tidak malas. Sebab, selalu ada biaya yang harus dikeluarkan di balik kemalasan. Misalnya, dengan mencuci pakaian sendiri, memang banyak jasa laundry menawarkan biaya terjangkau, mulai dari Rp4.500-Rp8.000 per kilogram. Rapi, jika dihitung tentunya lebih hemat mencuci pakaian sendiri dibanding menggunakan jasa laundry.

Manfaatkan Fasilitas Umum

Bagi mahasiswa, fasilitas yang ada di kampus jangan disia-siakan. Seperti perpustakaan biasanya terbuka untuk umum, jadi bagi anak kos jika kamu ingin mengerjakan tugas bersama teman lebih baik mengerjakannya di perpustakaan dibandingkan mengerjakannya di cafe tentunya akan mengeluarkan biaya lagi.  

Nah, itulah beberapa tip menghemat uang bulanan ala anak kos. Menyandang status anak kos memang harus pandai mengelola keuangan, mungkin tips di atas bisa dicoba dan mampu membantu pengelolaan uang bulanan kamu. (mg5)

The post Begini Cara Mudah Mengelola Uang Bulanan Ala Anak Kos appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/finance/begini-cara-mudah-mengelola-uang-bulanan-ala-anak-kos.html/feed 0
Ade Hartati Sebut Koordinasi Pemprov Riau dalam Penanganan Covid-19 Buruk, Ratusan Miliar Dana Masih Mengendap https://bertuahpos.com/finance/ade-hartati-sebut-koordinasi-pepemrov-riau-dalam-penanganan-covid-19-buruk-ratusan-miliar-dana-masih-mengendap.html https://bertuahpos.com/finance/ade-hartati-sebut-koordinasi-pepemrov-riau-dalam-penanganan-covid-19-buruk-ratusan-miliar-dana-masih-mengendap.html#respond Sun, 27 Sep 2020 05:30:56 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134935 #CORONA

The post Ade Hartati Sebut Koordinasi Pemprov Riau dalam Penanganan Covid-19 Buruk, Ratusan Miliar Dana Masih Mengendap appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU --- Anggota Komisi V - DPRD Provinsi Riau Ade Hartati membeberkan, masih ada Rp25 miliar dari total alokasi anggaran untuk Covid-19 masih mengendap atau belum termanfaatkan.

Hal ini diungkapkannya dalam diskusi publik yang diselenggarakan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda se-Riau di Cafe Semut Hitam Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru, Sabtu, 26 September 2020.

“Realisasi anggaran Covid-19 dari realokasi dan refokusing APBD Riau yang dialokasikan, salah satu peruntukannya pemulihan ekonomi sebesar Rp25 miliar dan anggaran itu ‘masih tidur’ atau belum dipakai sama sekali. Itu akibat koordinasi antara Pemprov Riau dengan kabupaten/kota, buruk,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, alokasi anggaran dari refocussing dan realokasi APBD Riau diperuntukkan untuk Covid-19 sebesar Rp481 miliar, untuk tiga kategori peruntukan. Yakni kesehatan dalam penanganan Covid-19, jejaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi daerah.

Per 31 Agustus 2020, dari total anggaran tersebut yang sudah terealisasi sekitar 48,75%. Ade Hartati juga menyoroti tidak adanya koordinasi antara Pemprov Riau dengan pemerintah kabupaten/kota tidak berjalan dengan baik. 

Hal inilah yang dianggap menjadi pemicu penangan Covid-19 di Riau tidak berjalan dengan baik.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov Riau. Kesimpulan yang kami tarik bahwa Pemprov Riau tidak memiliki perencanaan yang jelas dalam penanganan Covid-19, terutama untuk tiga bulan kedepan, sesuai prediksi penyebaran corona di Riau,” ungkapnya. (bpc2)   

The post Ade Hartati Sebut Koordinasi Pemprov Riau dalam Penanganan Covid-19 Buruk, Ratusan Miliar Dana Masih Mengendap appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/finance/ade-hartati-sebut-koordinasi-pepemrov-riau-dalam-penanganan-covid-19-buruk-ratusan-miliar-dana-masih-mengendap.html/feed 0 BPC2
Valentino Rossi Sudah Tak Sabar Balapan MotoGP di Indonesia https://bertuahpos.com/olahraga/valentino-rossi-sudah-tak-sabar-balapan-motogp-di-indonesia.html https://bertuahpos.com/olahraga/valentino-rossi-sudah-tak-sabar-balapan-motogp-di-indonesia.html#respond Sun, 27 Sep 2020 04:30:04 +0000 https://bertuahpos.com/?p=134930 #ROSSI

The post Valentino Rossi Sudah Tak Sabar Balapan MotoGP di Indonesia appeared first on BertuahPos.

]]>

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU - Pembalap MotoGP, Valentino Rossi mengaku sudah tak sabar ingin merasakan sensasi balap di Indonesia. Tepatnya, di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Agenda di Sirkuit Mandalika telah secara resmi masuk agenda MotoGP tahun 2021.

Rossi mengaku sudah tak sabar lagi untuk merasakan atmosfer fans yang ada di Indonesia. Menurut Rossi, fans di Indonesia sangat luar biasa.

"Passion mereka (fans Indonesia) sangat luar biasa," ujar Rossi di akun twitter MotoGP, @MotoGP.

Rossi juga mengaku tertarik dengan trek balapan yang ada di di Mandalika. Hal ini dikarenakan Sirkuit Mandalika berada di pinggiran laut.

"Saya melihat beberapa gambar dan melihat sirkuitnya dekat dengan laut. Ini proyek baru, jadi saya berharap bisa datang," tambahnya.

Rossi sendiri sudah tidak asing lagi dengan Indonesia. Selain pernah balapan di Sentul pada tahun 1997, Rossi juga beberapa kali datang ke Indonesia dengan Yamaha. (bpc4)

The post Valentino Rossi Sudah Tak Sabar Balapan MotoGP di Indonesia appeared first on BertuahPos.

]]>
https://bertuahpos.com/olahraga/valentino-rossi-sudah-tak-sabar-balapan-motogp-di-indonesia.html/feed 0 BPC4