Yudi Purnomo: Kode untuk Transaksi Korupsi Hal Lazim

Yudi Purnomo Harahap

Yudi Purnomo Harahap, eks Penyidik KPK

BERTUAHPOS.COM – Baru-baru ini terungkap Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Yana Mulyana diduga menggunakan kode “evey body happy” dan “nganter musang king”.

Yana Mulyana diduga menerima suap terkait pengadaan CCTV dan jaringan internet untuk program Bandung Smart TV Tahun Anggaran 2022-2023.

Yudi Purnomo Harahap, eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan penggunaan kata sandi untuk transaksi korupsi sangat lazim terjadi.

Hal ini dilakukan oleh para koruptor agar perbuatan pelanggaran hukum yang mereka lakukan ini hanya diketahui sedikit orang.

“Termasuk berusaha mengelabui penegak hukum yang mereka was was memantau gerak gerik mereka,” kata Yudi Purnomo, Ahad 16 April 2023.

Menurut mantan Ketua Wadah KPK 2018-2021 ini juga menjelaskan sandi atau kata kunci ini biasanya dibuat berdasarkan kesepakatan yang sudah ditetapkan oleh para pelaku koruptor.

Kata sandi juga biasanya berasal dari kata-kata yang bersifat umum sehingga orang-orang yang mendengarkannya tidak menaruh rasa curiga.

Exit mobile version