Wabup Kuansing Minta Masyarakat Jaga Sungai, Supaya Ikan Bisa Berkembang

BERTUAHPOS.COM, KUANSING — Wakil Bupati Kuansing Suhardiman Amby meminta semua elemen masyarakat menjaga kondisi Sungai Kuantan, minimal dalam 3 bulan ke depan. Hal ini seiring dengan ditaburnya sebanyak 120 ribu benih ikan baung di sungai itu, pada Selasa, 22 Juni 2021.

Penyemaian 120 bibit ikan itu dilakukan bersama dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Hermah Mahmud, serta Plt Kepala Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kuansing Zapnil Helmi.

“120 ribu benih ikan baung ini jika hidup semua bukanlah jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, Kuansing pantas berterima kasih pada Dinas Perikanan dan Kelautan Riau yang begitu peduli,” kata Suhardiman.

Dia meminta kepada ninik mamak, alim ulama, dan tokoh masyarakat serta perangkat pemerintah terkecil agar menjaga kondisi sungai dan tidak membiarkan masyarakat menangkap ikan dengan cara yang tidak benar.

“Saya minta 3 bulan ke depan, semua elemen masyarakat benar – benar menjaga sepanjang aliran sungai ini, agar ikan bisa tumbuh besar dan bermanfaat bagi masyarakat kita yang berprofesi sebagai nelayan,” tukasnya.

Kepala DKP Provinsi Riau Herman Mahmud mengungkapkan lokasi penebaran benih ikan di Kuansing sesuai arahan Pemkab Kuansing yang dibagi pada 4 titik, di antaranya Sentajo Raya, Inuman, Kuantan Hilir dan Gunung Toar dan totalnya sebanyak 120 ribu ekor. 

“Sedangkan untuk kecamatan Gunung Toar, yang di lepas bebaskan langsung oleh Wabup berjumlah 75 ribu ekor,” ujarnya. Untuk di kecamatan lain dilakukan penyemaian secara serentak oleh Sekda Agusmandar dan didampingi beberapa Kepala Dinas lainnya

“Kami sangat mengapresiasi sambutan pemkab Kuansing, terutama Wabup Kuansing yang ternyata juga tahu banyak tentang varian ikan sungai Kuantan. Ke depan program ini akan terus berlanjut, sesuai ketersediaan anggaran,” ucap Herman. (bpc2)

Exit mobile version